Tentang Pengadaan Sukhoi Su-35, Indonesia Masih Tunggu Pembebasan Sanksi dari AS

Mungkin sudah takdirnya Indonesia harus menempuh jalan berliku untuk mendapatkan Sukhoi Su-35 Super Flanker. Setelah negosiasi yang alot dan penuh tarik ulur, akhirnya pada 10 Agustus 2017 ada kesepakatan (MoU) antara Indonesia dan Rusia untuk pengadaan 11 unit Su-35 lewat skema barter. Dan menanti proses yang tengah berjalan, ada kabar pemerintah Indonesia saat ini harus menunggu kelanjutan pengadaan jet tempur idaman ini.
Baca juga: Rostec – Ada Kemungkinan Indonesia Tambah Pesanan Lima Unit Su-35
Dikutip dari aa.com.tr (3/8/2018), Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto meyebut, bahwa lamanya realisasi pengadaan Su-35 dikarenakan Indonesia masih menunggu hasil kesepakatan antara pihak Kongres dan Pemerintah Amerika Serikat.
Pangkal musababnya adalah Keputusan Presiden AS Donald Trump yang pada Agustus 2017 telah menandatangani UU yang memberikan sanksi bagi negara yang membeli alutsista dari Rusia atau UU yang disebut Countering America’s Adversaries Through Sanctions Act (CAATSA).
Naiatan Trump atas CAATSA adalah untuk menghukum Presiden Rusia Vladimir Putin atas aneksasi Semenanjung Crimea terhadap Ukraina yang dilakukan pada 2014, keterlibatan dalam perang di Suriah, serta intervensi dalam pemilihan presiden AS tahun 2016.
Soal sanksi CAATSA inilah yang kemudian merembet pada pengadaan Su-35, lantaran sanksi yang diterapkan bersifat general tanpa pandang bulu, meski ke sekutu AS sekalipun. Suara anggota kongres beragam menyikapi sanksi tersebut, seperti senator asal Partai Demokrat Bob Menendez yang mengatakan sanksi CAATSA harus diterapkan dengan tegas tanpa pengecualian. “Adanya pengecualian dikhawatirkan akan memperlemah esensi dari sanksi,” ujar Menendes dikutip dari defenseworld.net (24/7/2018).

Sebelumnya, pemerintah AS lewat Menteri Pertahanan Jim Mattis mengajukan kepada Kongres untuk memberikan keringanan sanksi terhadap negara-negara yang membeli peralatan tempur dari Rusia. Ada tiga negara yang direkomendasikan untuk diberikan pengecualian dari sanksi CAATSA, yakni India, Indonesia dan Vietnam.
[the_ad id=”12235″]
Baca juga: 14 Februari 2018, Kontrak Pembelian Sukhoi Su-35 Telah Dilakukan di Jakarta
Jim Inhofe, senator dari Oklahoma menyebut, bahwa harus ada perlakuan khusus bagi negara-negara yang menggunakan peralatan militer asal Rusia namun punya arah dukungan kepada AS. “Sebagian dari mereka masih menggunakan peralatan militer asal Rusia sampai mereka melakukan masa transisi,” ujar Inhofe.
Banyak pendapat dari anggota senat yang beranggapan pemberian sanski yang terlalu keras justru malah menciptakan blunder, seperti kekhawatiran sanksi pada India malah akan membuat Negeri Anak Benua tersebut kian dekat hubungannya dengan Rusia. (Haryo Adjie)



Yang paling tahu adalah pengguna(usser) yaitu TNI AU dan dari awal mabes AU pilih Shukoi SU35. Inti masalah bukan di alutsista yg telah dipilih dan kontrak sudah ditandatangani . Tapi adanya ancaman embargo dari USA. Intervensi apapun bentuk nya termasuk embargo adalah tindakan yang tidak bisa dibiarkan bagi sebuah negara berdaulat apalagi pendiri gerakan non Blok.
Dalam kosakata bahasa Inggris gak ada kata usser yang ada user. Yang paling tau tidak pernah AU tapi pelaku industri aviasi dan insinyur2nya. Nol besar mencoba memajukan TNI AU tapi mengabaikan PT.DI
boleh pecinta produk negara tertentu tapi jngn seperti debat kusir. Lebih cintalah negerimu. Pakai etika dalam berkomentar.
Lho @Nyai cinta negeri apa ??? etika apa ??? Gak nyambung dengan konteks pembicaraan.
Yg masih berpihak pada as mending pindah kewarganegaraan deh, percuma jadi WNI kalo hati masih dipengaruhi as. NKRI harga mati tanpa intervensi asing!!!
Habis sudah semuanya.Negeri ini dijajah Amerika dengan dollarnya.Sekarang dengan hegomoninya mengatur hankam Indonesia.Alutsista RI diatur Amerika.Betul betul sudah terjajah.
Dijajah apanya ???
Pakai yen juga bisa kok
Pakai Ringgit juga bisa kok
Pakai Rubel juga bisa
Terserah kita, milih yang mana
Salahkan diri kita, kenapa mau diatur ???
Jangan salahkan orang lain, bikin kita tidak pernah maju
Justru kita terjajah oleh bangsa kita sendiri
KORUPSI yang menjadi jadi
KPK dilecehkan
Uang RIBUAN Trilyun hak rakyat habis buat foya foya
Jadi jangan orang lain jadi kambing hitam
Abdi mah pengen usul akaaaaang…..
Pak hadi (panglima) kan didikan perancis, sementara pak yuyu (kasau) kan didikan amerika, jadi gimana kalo kita jodohkan saja F16 Viper dengan Rafael F3….moga2 mereka berdua menjadi pasangan yg SAMAWA dalam mengawal dirgantara tercinta🤗
Gak mau nekattt !!!! Sebab…… Dah mau Pemilu…..
Udh jauh2 dibilangin Gripen adalah pilihan terbaik..
Efek deterent gk guna zaman skrng orng2 angkap cuma propaganda yg penting itu efesiensinya. #Mikir
he he kalah gertak dg Erdogan
mestinya rezim berkuasa bisa sedikit “ngaco” spt turkiye
Wuiiii…
Ada yang bilang nggak usah berhubungan ama Amrik dan juga bilang usir semua orang AS dari sini ?
Jiaaaan ngawur beribu-ribu kali ngawur
Kalo nggak mau berhubungan sama Amrik maka resikonya :
Turisme kita bakal anjlok drastis.
Kita nggak bisa lagi makan tempe, tahu dan susu kedele sebab kita masih impor kedele dari Amrik.
Ekspor produk laut kita terutama Seafood (kepiting, udang, cumi dsb) bakal turun drastis.
Listrik kita sebagian besar lumpuh karena pakai generator produksi Amrik.
Kereta api kita lokomotifnya nggak bisa jalan sebab mesin lokomotif dan generatornya bikinan Amrik.
Elu kagak bisa internetan pakai microsoft, google, linux, yahoo, facebook dsb.
Processor komputer elu mesti dicopot, sebab processor intel bikinan Amrik.
Semua industri strategis yang kita miliki bakal lumpuh.
Pakan ternak, pakan ayam, pupuk, benih untuk pertanian kita ternyata sebagian masih dari Amrik.
Semua jaringan waralaba dan industri dari Amrik (KFC, McD, Dunkin Donuts, Krispy Creme, Starbucks, Coca Cola, Pepsi, dll) ditutup, ratusan ribu pekerja di-phk dan jutaan keluarga menderita.
Puluhan ribu peternak ayam kehilangan pelanggan.
Maskapai penerbangan kita bakal lumpuh juga karena ketiadaan spareparts.
Minyak pelumas (oli aditif) untuk mesin2 pabrik masih impor dari Amrik, jadi kalo distop mesin tak bisa berproduksi. Jutaan karyawan pabrik diberhentikan.
Elu kagak bisa makan roti karena puluhan ribu industri pembuat roti tutup karena tak ada gandum.
Mau kayak gitu ?
Ga masalah… pernah kok kita kena krisis berat, krisis moneter… bahkan sangsi militer juga pernah…
Pengen lagi mas, ketagihan mas…..
Kalau saya nggak mau lagi, cukup sudah.
Kasihan anak anak ku kalau hanya bisa makan nasi saja tanpa lauk pauk.
g masalah? krismon lu bilang g masalah? pernah ngerasain y lu? lahir taun berapa sih
Hla buktinya Indonesia survive, kalau tidak berani mengambil resiko maka jangan harap bisa menjadi negara yang besar… kalau hanya main aman2 saja maka jangan harap bisa menjadi negara yang kuat… Apa yang dilakukan Indonesia tidak salah, tidak melakukan tindakan terorisme, atau melakukan kolonialisme, hanya ingin memperkuat militer saja…
Kalau hanya mau main aman… maka ketika sangsi militer tahun 1995 diberikan kepada Indonesia, sama saja akan mengulangi masa sulit itu kembali…
@Lexy… forum Indomiliter adalah forum umum untuk semua kalangan dan umur pecinta militer, saya mungkin berumur 50 tahun atau 20 tahun toh apa masalahnya???
Saya hanya ingin mengingatkan kalau semakin tua saya, maka saya sudah lebih berpengalaman dan pernah merasakan banyak situasi dibanding anda… anda mungkin tidak pernah mengenal sahabat pena, tidak pernah merasakan makan ayam seminggu sekali, bukan karena krismon tetapi memang dulu begitu… makanya dulu kalau lebaran jauh lebih meriah karena makan enak, kalau sekarang sama saja, toh tiap hari makan ayam…
Kembali ke krisis, kalau tidak berani mengambil resiko, maka jangan anggap anda adalah seorang yang tangguh… kalau takut ini takut itu, tidak mau susah begini dan begitu maka anda tidak pernah merasakan gairah hidup.. karena hanya datar2 saja, sedangkan hidup ini dinamis dan penuh tantangan, dan saya menyukai tantangan… itu benar2 asyik brooo… takut hidup susah??? takut miskin??? anda bukanlah orang yang tangguh….
emang ente berani hidup miskin? buktiin dulu bro jual rumah dan segala perabotan terus kasiin semuanya ke nagra terus pindah kolong jembatan sana
jgn cuma bisa ngatain orang kalau ente sendiri lom bisa ngebuktiin ckckckck
1000% Betoel…..
Jadilah orang Cerdas yang bijak
Jauhi sifat RADIKALISME, karena akan menjemput kehancuran.
Jauhi RASISME, karena akan menghambat kemajuan.
FANATIK jangan berlebihan, karena akan mudah dibodohi.
SALAHKAN diri sendiri, jangan orang lain.
wuih mengerikan sekali omongan master hacker satu ini….,,, nickname mu itu woofwoof ,, yg artinya password rootnya puppy linux…ya kan ?
hahaha, damai ya bang, damai itu indah….
Tanya dong ke AS. Berani ngasih yang sebanding nggak larang2 kita beli Su-35? Masa mau aja cm ditawari viper? Gak sebanding dong! Kalo F-15 SE bolehlaah…
Justru Su-35 lah yang tidak sebanding dengan F-16V ………… piye to mas iki ….
Pespur mesin ganda kok dibandingkan dgn yg mesin tunggal………
Piye to mas iki…
mungkin tumpengnya kurang banyak….
kasihan yg tumpengan kemarin, ada kemungkinan gagal pembelian…xixi
tpi klo sukro jadi kebeli gw bakal botakin rambut gw….
#eh kepala gw kan sudah botak ya……
Sejak zaman Gerakan Non Blok, posisi Indonesia selalu dilematis. Mau ideal di Tengah-Tengah, sejarah membuktikan memang susah. Realita sekarang adalah bagi Indonesia AS masih mitra ekonomi yang jauh lebih besar dan menguntungkan daripada Rusia. Investasi AS di Indonesia terlalu banyak untuk disebutkan jika dibandingkan Rusia. Dalam urusan Militer, AS juga rajin menghibahkan alutsista ke TNI dan kedua Militer sering melakukan pelatihan bersama. Semoga usulan James Mattis itu bisa dijalankan oleh rezim Trump meskipun keputusannya dapat dipengaruhi oleh latar belakang ancaman Perang Dagang dan tarif
Sippp….
Hibah? Maksudnya dikasih pesawat rusak trus kita harus bayar biaya tetek bengek ini itu buat bikin itu pesawat bisa terbang? Trus siapa yg untung? Indonesia (dapet pesawat yg mau di scrap) atau amerika (yg berhasil jadiin duit pesawat yg mau discrap dan memberi tender perusahaan as)
Yen ra sido tuku sukhoi, wes marem atiku…😇
Halah. Ya udah, ganti aja sama F-15 SE. Kan blm laku tuh. Kali aja lagi nyari pelanggan. Itung itung boeing balas budi ke indonesia…
Harusnya Indonesia tiru Turki, walau anggota nato tapi tidak takut ancaman dari AS saat membeli S400 RUSSIA.
Sesuai pembukaan (preambule) dari kontitusi kita *bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa*……dst , kemerdekaan dalam ekonomi sosial budaya dan pertahanan dan keamanan. Sebagai negara besar yg berdaulat harus berani melawan berbagai bentuk tekanan dan intervensi termasuk embargo dari negara lain dalam pembelian alutsista kita untuk menjaga kedaulatan negara.
Bacaannya bagus…selamat anda dinyatakan lulus SD
kenapa harus ditunda2….
amerika sellu melawan katanya diktator2 negara orang lain….
ternyata Amerika sendri jd diktator dunia….
dmn PBB…..?
Itu terserah mereka….
Indonesia itu kan negara Nonblock masak masih mau jadi boneka, kalau Indonesia ingin maju ya jangan terikat sama negara lain, Amerika itu siapa ?? bagi rakyat Indonesia Amerika bukan bagian dari negara kita, bukan ibu bapak Indonesia. Mestinya pemerintah harus tegas, contoh itu negara Cina boss tak takut sama siapapun
Jauuuuh sekali kalau kita dibanding China
naked@ iya jauh banget sama china….soalnya pejabat nya banyak yg jadi penjilat…supaya jabatan nya aman…
Kenapa sih, selalu bawa-bawa cina sesuka hati kalian….enggak pilkada, enggak pilpres, sampe beli senjatapun kalian bawa nama cina?
Sebenarnya kalian ini cinta sama cina….ya kan😏
Yang nunggu dan baca berita soal pengadaan shukoi SU 35 saja capek krn muter2 apalagi usernya para patriot di TNI AU mungkin lebih capek geram dan campur aduk.ujung2 nya ya takut embargo amerika.
Yang dipikirkan Presiden bukan TNI saja tapi 300 juta rakyat Indonesia
Buah simalakama klo CAATSA diterapkan kpd india dan indonesia, justru dgn adanya embargo (lagi) ada kemungkinan indonesia membeli alutsista buatan china yg notabennya sbg the New Superpower d kawasan timur, sama halnya dgn india akan tetapi india bakalan lbh condong kpd rusia
Yang diembargo bukan hanya Alutsista tapi juga EKONOMI dan POLITIK
naked@ pantesan aja negara kita sudah lama menjadi negara “maju”….lah pemikiran nya aja masih suka “menjilat” biar jabatan langgeng alias takut “di “goyang sama si mbah….kixkixkix
Hooh, saking condongnya ke rusia, maka india beli nasams….bukan pantsyir😍
Iya, india beli nasams cma nama aslinya S-400 triumf wkwk buatan negara yg kata pria2 berdaster negara pki lmao! Liat saja apa amrik berani embargo india dan indonesia jaman now
mending sekalian tidak usah berhubungan dengan AS, semua beralih ke RUSIA DAN CHINA, usir semua orang as dari INDONESIA dan investasi alihkan saja ke blok timur
USD 1 = Rp. 1.000.000.000,-
Mauuuu !!!
alhamdulillah.. semoga su35 batal dan d ganti f16v70 ato gripen ng.. Dah itu aj, smart fighter.. Ntar beli sukro kena kasus kyk malon, bnyk mangkraknya,gampang rusak, jarang terbang, sang penghuni hanggar sejati.
Situ jgn cma liat ke rusia doang dong ah, liat pespur amrik f22 jg jarang terbang cma ikut dpke latihan doang plus ngejatuhin bom wkwkwk itu pesawat selebihnya diem bobo dihanggar yg nyaman ber ac, status f35 apalagi.. beuuh jgn ditanya marinir sama au amrik aja gamau pake, australia pun gk ngebawa f35 buat pitch black wkwk soplak! Hey om, pespur mesin ganda diganti dgn yg mesin ganda jg lah.. masa diganti sama mesin tunggal lol turun kapabilitas dong
masalahe om iki sukro teknologi jadul beda sama f35 apalagi f22.. Jauh perbedaan teknologinya
Klo canggih knp gk pernah dipake!? Coba lah sekali2 dites f35 bawa k wilayah udara iran atau syria atau korut.. bisa keluar dgn selamat apa kgk
halah.. ngapain repot2 ngluarin f35 d suriah.. cukup drone ama d salvo rudal israel ama us aj udah keok gt alutsista rusia.. efek gentar alutsista rusia cuma d mulut doank..
Cie.. cie.. klo katanya canggih teknologi siluman bsa ilang d radar kok gk di tes!? Coba itu pespur di tes bnr ilang d rada apa kgk?? Ilang d radar pesawat utuh atau ilang d radar dan pesawatnya gk ada selama-lamanya wkwk
Kedaulatan negaramu lg didikte asing kok anda malah bilang alhamdulilah?
kedaulatan jaremu.. Sukro pespur ga bisa terbang, ga iso service dewe, tukune penuh komisi, nyegat pesawat baling2 bambu ae ga becus iku kon sebut kedaulatan. Mikiir…
Apapun itu…
Apapun alasannya…
Apapun omelannya…
Dst…
Kenyataanya kita bergantung penuh dengan Amerika.
PT. DI , PT. Pindad , PT. LEN , LAPAN, Dst…..
akan berhenti operasi bila terkena embargo AS
belum lagi perusahaan swasta….habissss
Berbeda dengan CHINA yang sudah mandiri hampir 100%
dan ekonominya sudah super maju
sudah kebal dengan semua embargo AS
Emang kalo sampe kita berseteru ama Aussie atau Singapore apa mungkin AS akan ikut membela Indonesia? Mustahil kan. Paling Indonesia kebagian embargonya aja.
Makanya jangan berseteru dg 2 negara itu….masih banyak pilihan yg lain kok, hhh
Emang kasus Timor2 berpunca dr Indonesia? Hehe.
Itu kesalahan kita sendiri yg mau menjadi “alat” atas nama membendung komunisme di asia tenggara…..dengan cara menganeksasi negara orang.
Mengirim pasukan dan kekuatan perang, menyerbu negara orang tanpa mandat PBB itu apa namanya?
^ Nah, yg diatas ane bnr nih.. jgn jdi alat negara lain TAPI klo udh dikasih duit bekal/jajan + senjata2 canggih dri negara World Police bagaimana? pemerintah pd wktu itu jg ngomong “yaa mau gmn lgi udh terlanjur.. biarlah yg penting dikasih duit hehe”
Program Kemandirian Jangka Panjang F-35 & F-33 “F-35/33 Bersama Rakyat TNI AU Kuat”
Udah, ganti Viper aja, langsung dapat 16 unit tuh.
16 X 3 = 48
Waduh….kalo nuruti amerika pastinya semua negara harus ikut dia. Baik politik maupun impornya. Karena amerika mau untung sendiri. Jd gak usah dech turuti negara itu, mending kita pilih apapun sesuai keingina negara sendiri. Aplg amerika memang musuh rusia, jd apapun tentang rusia pasti ditolak dan dilarang.
Emangnya bisa ????
Kedelai aja masih impor…wkwkwk
Belum lagi gandum buat mie instan.
Menghantamnya langsung ke rakyat kecil
Ketik Hastag #Trump2periode Sbyk-byk Sy Jamin SU-35 nggak akan di beli ke buru IFX Produksi
program KFX
dan IFX rencananya mulai
diproduksi mulai tahun 2022. IFX
akan diproduksi oleh PT Dirgantara
Indonesia. Prototype IFX
diharapkan bisa diuji coba mulai
tahun 2020, SU-35 d mulai tahun 2015 s/d 2019 Belum Jelas Walaupun SIPRI menyatakan SU-35 d beli belum jelas, lihat India SU-57 terhenti krn duit & pelit T.o.T, Tahun Depan Katax Keburu IFX Siap Produksi Hanggar d Bandung Sdh Siap, Drpd Nungguin SU-35 bertele tele mending Offset 85% Rudal2 Jarak Pendek & Medium Yg Di Usung SU-35/57 bwt IFX nanti jd Rusia nggak Rugi Win To Win krn bikin rudal lbh cepat ketimbang bikin pespur, sbaiknya utk SU-35 di batalkan bentuk Tim ke Rusia bujuk MRO SU-27/30 & offset 85% di Indonesia itu lbh baik Pakai Skema barter kalo nggak ada duit, Malu Overhaul ke belarusia, Sedangkan kita di larang ikut service sukhoi
@admin
Min, barusan baca di detik.com rupanya urusan sukhoi ini masih panjang dan berliku ya….😵
Sampai pak wiranto minta paparan ulang pros&cons pembelian su-35 secara holistik🤓
Indonesia harus teguh dlm menyatakan pendiriannya. Kalo mmg menurut pertimbangan TNI AU dan Kemenhan, SU-35 adalah pesawat terbaik dlm menjaga ruang udara ibu pertiwi maka harus tetap bertahan dlm pilihan apa pun risikonya. Sy cuma gak suka melihat Indonesia sebagai negara berdaulat coba didikte oleh negara asing
Hidup itu memang tidak adil dek amien….tinggal gimana menyiasatinya, hhh
salah pemerintah sini jg…dr dulu ganti rezim demi rezim, gak prnh punya niat pngen mandiri, maju dlm sains&tek,…pngnnya instan,..beli lngsung…contoh tuh turki..india..mrk gak bnyk trpngruh ama grtakan amrik. mrk punya kemampuan, daya tawar yg kuat,..di sini, Indonesia, apa yg dipunya sbg daya tawarnya???…skrg, bisanya nunggu kputusan washington,..dan itu bisa ampe brbulan2…kacian,..kaya’ gak punya kedaulatan.
Benar itu. Hidup mmg tidak adil krn wujudnya segelintir manusia2 pencundang yg suka mengambil kesempatan ke atas org lain. Tp bukan berarti kita harus tunduk kpd mereka. Hehe
Karena Maddog Mattis Lebih tau kondisi lapangan dibanding para politisi biasa, efek dari hal tsb. Kalo gitu pendapatan dan sekutu mereka bisa kesel wkwkwkwkwk
Tapi yg paling kesel itu ialah fansboy sukhoi kalo batal dibeliin su-35….😤