Artileri Kapal Perang TNI AL, Masih Tertinggal dari Malaysia dan Singapura

KRI  874 Lambung Mangkurat

Meski dalam jumlah kapal perang Indonesia unggul di kawasan Asia Tenggara, kini setidaknya ada 148 kapal perang dari berbagai jenis, tapi kebalikannya untuk kualitas artileri pertahanan kapal perang. Memang untuk lini kanon dan adopsi torpedo relatif satu level, umumnya kini mengerucut pada jenis OTO Melara 76 mm. Tapi lain halnya di lini rudal SAM (surface to air missile) dan CIWS (close in weapon system).

Pernyataan tadi tentu ada alasannya, untuk AL Singapura misalnya, mereka telah memiliki SAM jarak menengah dari tipe Aster 15/30 buatan MBDA. Rudal dengan pola peluncur VLS (vertical launcher system) ini ditempatkan pada frigat berkemampuan siluman, kelas Formidable. Aster 15 punya jarak jangkau sampai 15 km, dan Aster 30 bisa menjangkau sampai 120 km. Kecepatan luncurnya pun memadai, Aster 15 hingga 1.000 meter per detik (3 Mach), dan Aster 30 dengan 1.400 meter per detik (4.5 Mach). Dengan pemandu terminal active radar homing, Aster tidak hanya ideal untuk melibas target pesawat udara, melainkan rudal anti kapal bisa dilumatnya. Formidable memiliki 32 cell peluncur yang siap ditembakkan. Masih mengandalkan VLS, AL Singapura juga diperkuat rudal SAM jenis Barak buatan Rafael – Israel. Rudal ini ditempatkan pada 6 korvet kelas Victory, masing-masing dapat meluncurkan sampai 16 rudal. Soal kemampuan, Barak dapat menjangkau hingga 12 km dengan kecepatan 720 meter per detik.

Peluncuran rudal Sea Wolf secara VLS

Peluncuran rudal Sea Wolf secara VLS

Sistem loading rudal pada kapal perang dengan peluncur VLS

Sistem loading rudal pada kapal perang dengan peluncur VLS

Malaysia malah sudah lebih dahulu menempatkan rudal anti serangan udara jenis Sea Wolf buatan British Aerospace. Meski mulai diproduksi sejak 1979, rudal ini sudah menyandang gelar battle proven, dimana digunakan AL Inggris dalam perang Malvinas dan perang Teluk. Sea Wolf dapat menjangkau target 7 sampai 12 km dengan kecepatan 3 Mach. Serupa dengan Aster, Sea Wolf diluncurkan secara VLS. AL Malaysia memiliki 2 kapal perang pembawa Sea Wolf, yakni KD Lekiu dan KD Jebat, masing-masing dilengkapi 16 peluncur Sea Wolf.

Tidak cuma Sea Wolf, bahkan Malaysia punya rudal SAM generasi yang lebih baru, Aspide buatan Italia. Rudal yang diluncurkan tanpa VLS ini ditempatkan pada 4 korvet kelas Laksamana, masing-masing korvet dapat mengusung 12 rudal yang memiliki jangkauan 35 km. Tidak puas mengadopsi Sea Wolf dan Aspide, AL Negeri Jiran ini juga punya SAM jenis RAM (Rolling Airframe Missile) (buatan AS) dengan jangkauan sekitar 7,5 km dan kecepatan 2 Mach. RAM diluncurkan tanpa VLS dan ditempatkan pada 6 korvet kelas Kedah (MEKO A-100 buatan Jerman), masing-masing kapal membawa 21 rudal.

Dengan spesifikasi persenjataannya, frigat kelas Formidable kini menjadi salah satu yang tercanggih di kawasan Asia Tenggara

Dengan spesifikasi persenjataannya, frigat kelas Formidable kini menjadi salah satu yang tercanggih di kawasan Asia Tenggara

Keunggulan VLS
Dibanding Malaysia dan Singapura, Indonesia sedikit tertinggal dalam mengadopsi VLS (vertical launching system). Tapi setidaknya VLS sudah diterapkan pada frigat Van Speijk, lantaran frigat ini mengusung rudal Yakhont yang berukuran jumbo. Lalu apa keunggulan sistem VLS? Pertama untuk penghematan ruang dan efisiensi peluncuran, untuk frigat dan korvet, SAM dengan metoda peluncuran VLS (Vertical Launching System) sangat direkomendasikan. SAM yang diluncurkan dengan VLS mempunyai nilai lebih karena bersifat all-round defense (pertahanan segala arah).

Rudal jelajah Tomahawk, salah satu rudal dengan sistem peluncur VLS

Rudal jelajah Tomahawk, salah satu rudal dengan sistem peluncur VLS

Bandingkan dengan SAM konvensional yang terpasang dengan arah tertentu (heading) yang biasanya ke sisi kiri atau kanan lambung kapal dengan besaran sudut tertentu terhadap cakrawala (pitch), sehingga apabila SAM yang terpasang pada heading kiri lambung kanan kapal sudah habis, sedangkan target datang dari arah kiri lambung kanan kapal, maka SAM yang tersisa pada heading kanan lambung kapal harus diputar arahnya, dan adakalanya badan atau struktur kapal sendiri yang jadi penghalang sehingga tidak memungkinkan bagi SAM yang terpasang pada sisi lain kapal untuk menghadang target yang datang dari sisi lainnya. Hal ini sangat terlihat nyata pada sistem peluncur rudal Sea Cat dan Tetral/mistral yang digunakan TNI AL.

Pada VLS, problema semacam ini tidak terjadi karena SAM terpasang pada posisi vertikal sehingga darimanapun datangnya target, SAM dapat melakukan engagement (penyesuaian) arah setelah rudal meluncur ke udara. Adapun untuk tipe KCR (kapal cepat rudal), karena terbatasnya ruang yang tersedia, tentunya sulit untuk memasang SAM berpeluncur VLS, sehingga sistem peluncur konvensional berbasis MANPADS yang dapat dipasang. (Dikutip dari Buku The King of Battle – Artillery TNI Angkatan Laut)

Chaff/flare dispenser, sarana pertahanan pasif kapal perang dari serangan rudal anti kapal dan rudal udara ke permukaan (air to surface missle)

Chaff/flare dispenser, sarana pertahanan pasif kapal perang dari serangan rudal anti kapal dan rudal udara ke permukaan (air to surface missle)

 

Tentang iklan-iklan ini

34 responses to “Artileri Kapal Perang TNI AL, Masih Tertinggal dari Malaysia dan Singapura

  1. Gak perlu terlalu sedih mas.kita gak perlu niru2 tetangga keblinger itu untuk mempertahankan indo.menurut sy sih,istilah deterjen tak berbusa itu sudah kuno karena semua negara pake itu.lebih tepat kita mengadopsi taktik lama soviet yg dikumandangkan admiral gorskov,ksal soviet tahun 60an yaitu diferensiasi pertahanan.saat kremlin menginginkan soviet memiliki armada carrier seperti AS gorskov menolaknya.ia malah lebih memilih mengembangkan KS sebanyak banyaknya mengalahkan jumlah kapal permukaannya n hingga kini belum ada tandingannya.gorskov sangat paham potensi hantu laut itu yg bs menghantam 3 matra sekaligus:darat,laut n udara.dan itu termasuk carrier sekalipun.selain lebih murah juga lebih cepat diproduksi.alangkah baiknya ALRI jg seperti itu.produksi KCR,KS dan MPA yg dipersenjatai rudal atau torpedo adalah solusi masuk akal bagi indo yg harus dipertahankan dgn banyak kapal.kapal permukaan saat ini hanyalah gagah2an saja.anggaran 1 PKR yg dipesan sm londo cukup untuk membuat 2 KS changbogo yg lebih realistis.apalagi kita sdh bs produksi torpedo SUT dan ntar lg rudal.jangan niru karena niru itu gampang ditebak kelemahanya

  2. Kita jangan berkilah lg. Kejar ketinggalan2 dan harus diatas. Kt negara besar. Masa lulu adalah kebodohan.

  3. NKRI harga mati

    Malaysia hanya dengan 2 agennya ” M.Top dan Ashari” bisa merepotkan Indonesia… Israel, dengan 7,5 juta penduduk bahkan bisa menggentarkan Amerika dengan Mossadnya… Kenapa Indonesia tidak memperkuat intelijen padahal sudah jelas2 “perang dingin” dengan tetangga?? Alasan Klasik lagi yg namanya “Anggaran??”atau Jendral2 kita yg bermasalah?? jelas diTV lho waktu konflik Ambalat Pesawat cesna mata2 malaysia melayang2 diatas kerumunan massa yg sedang menunggu kedatangan presiden, kata TNI yg jaga : tidak ada perintah nembak…. waaaaah repot deh

  4. Sebenarnya mudah utk menghalau negara jiran, contoh cina utk menaklukkan pesawat mata2 AS dg menabrakkan sayap pesawatnya dan akhirnya pesawat tersebut jadi tawanan cina. Kalau kapal TNI AL hrs berani menyenggol kapal malaysia, persiapan utk penyelamatan dan persiapan utk konflik terbatas. Sekarang berani apa ndak, kalau ndak berani ya ndak apa2 dan para jendralnya siap2 utk diaudit sesuai reformasi serta mulai didisiplinkan lagi utk anggaran maupun alutsista. Dg alasan kita bermanuver pd batas laut yg sdh disepakati internasional, shg tdk akan disalahkan oleh manapun krn sdh sesuai prosedur dan bisa di ajukan gugatan internasional atas pelanggaran batas teritorial laut.

  5. Simple ajah mnrt sy..knp anak2 bangsa ini tidak diberikan ruang untuk membuat senjata sendiri? apalgi AL yg katakanlah bangsa kita dominan perairan.. wajar bila personil mengikuti prosedur, namun ga da kata damai sebelum ga perang..!!

    Maju terus Indonesiaku

  6. Mengalahkan negara lain tidak harus dengan militer, militer semua negara akan menjadi kuat kalo ekonomi negara tersebut kuat. Penggembosan kekuatan ekonomi suatu negara bis menjadi senjata yang lebih mematikan dari senjata kemiliteran.
    Indonesia memiliki potential market terbesar keempat didunia, dengan demografi kependudukan muda serta daya beli yang terus meningkat seharusnya bisa dimanfaatkan pemerintah dan segenap rakyat indonesia untuk kemakmuran dan kejayaan bersama.
    Sayangnya banyak pengkhianat bangsa yang menjual kedaulatan ekonomi dan politik negri ini demi memenuhi syahwat dan ambisi pribadi maupun kelompoknya.

    • saudara bobo..kalau di survie,90 persen mungkin orang2 akan beda pendapat dengan anda,untuk kesitu sangat sulit.china saja yg jauh lebih kaya dan ekonomi terkuat dunia.masih impor besar dalam hal militer..itu belum product dalam negeri ..buatan mereka teramat canggih bro….jadi kedua2nya harus sama kuat broo….(balancing)kalau tidak kekayaan dan kekuatan ekonomi bisa di masukin maling lagi brother..

      • Bener mas faizal bila ekonomi kita kuat dan kekayaan alam ini tidak digarong koruptor2, dan hukum diberlakukan kejam bagi koruptor spt di china gw yakin indonesia bisa menjadi negara yang disegani spt era ORLA

  7. ma'bherenk jaya

    negara indonesia adalah negara besar dan kaya,mengapa artileri kapal perangnya harus selalu tertinggal dari negara malaysia dan singapura?kita beli jet tempur harus eceran,gak seperti malaysia belinya langsung 18 unit.sekarang mau beli lagi,klo dibandingkan dengan singapura malah tambah jauh tertinggal,entahlah kapan akan sejajar/selevel peralatan tempurnya?

  8. korea utara yg mayoritas dibekali dg senjata2kuno mampu menghancurkan korvet punya korea selatan yg di dengung2kan serba canggih-kelak nasib singapore bakal seperti kuwait versi asia trnggara

  9. serigala malam

    ya ya Malaysia ama Singapura kalah sama Indo kerana kedua-duanya engak punya rudal buluh Runcing buatan Pindad katanya

  10. serigala malam

    bila lagi mau eksport PATI ama TKI ke Malaysia hehehe

  11. indonesia kalah karena anggaran2 belanja ke TNI lebih sedikit dibanding malay and singapura. contoh aja tuh korut.

  12. teroris2 indo yg hanya jago kandang, yg hanya bisa ngebom negara sendiri, yg selalu nyusahin rakyat. lebih baik kalian serang pengacau kedaulatan RI. jangan jadi pengecut… masa keahliannya cuma bisa ngebom pos polisi atau sarana publik. dasar curut…

  13. Pencoleng2 korup Indonesia lari ke singapura dg jarahan sebesar 1000 trilyun rupiah, pencoleng2 dg buka baju kipas2 ketubuhnya terasa segar nikmat dan NKRI menjadi bulan2an dananya habis dibawa lari oleh pencoleng utk memberikan kesejahteraan rakyat tdk bisa serta pembelian alutsista kekuarangan dana. Kita tunggu lagi pemimpin yg amanah he………he………….kapan muncul?

    • yg ganti nanti sama aja..kalau masih mau ngincar kursi presiden mereka sanggup turun desa dan naik gunung….semua serba politik…NGEJAR JABATAN JUGA PAKAI DUIT.MASA ADA ORANG BUSSINES MAU RUGI PASTI MAU UNTUNG..sekarang JOKOWI…UJUNG2NYA SAMA JUGA.

  14. yang penting sekarang ALRI lagi berbenah akan menuju ALRI yang jaya di ASEAN

  15. baru di situs inilah ku temui ,komen dan jajak pendapat yg benar2 punyai pemikiran terbuka.indomiliter..mengupas impormasi persenjataan militer indonesia..mungkin juga patut kita jadikan bayangan dari anggapan serta tanggapan yg selama ini kita pertahankan,yg jelas tanggapan itu jauh berlebihan.kita selalu beranggapan bahwa dengan semua yg tni miliki selama ini sudah merasa yakin dan sangat pasti,kalau kekuatan militer indonesia pantas duduk di ranking 13 dunia.sedangkan secara kasarnya negara yg mempunyai kekuatan jauh di ataskita kok bisa2nya ada di bawah kita.jujur aja di asean kita masih kalah sama malaysia apalagi singapura..dengan thailand pun mungkin kita masih kalah..??lalu apa sebenarnya kekuatan ranking…atau mungkin sengaja ranking itu dibuat hanya sekedar untuk menyenangkan militer indonesia.biar mereka terus tenggelam dalam kegembiraan yg menjerumuskan diri sendiri

    • Soal peringkat itu kan subyektif dari lembaga mana yang mengeluarkan, tapi intinya punya dua dampak, positif ya jadi bangga buat kesatuannya, tp disisi lain bisa jadi beban mental.. Kasihan kalau misalnya terus2an gagal dalam tugas.. seperti yang kejadian di Papua. Malah lebih enak tanpa peringkat tp namanya bergaung di masyarakat, seperti Korps Marinir :-))

      • jendralKorup

        SEMPER FI comrade!!! :P

      • BENAR mas nazar…kadang 2bila baca koment para saudara setanah air..mereka lebih suka di like dan di support..mereka pantang di kritik.bukan kah lebih baik kita ajukan perkara yg sebenarnya.dan tidak usah di sebut yg baik2nya sahaja.agar pemerintah terus melakukan pembenahan demi pembenahan.disamping itu menutupi lubang2 yg masih menganga lebar….maksih

  16. musuh besar negara indonesia yg paling berbahaya adalah rakyat sendiri.yg telah menjadi pemimpin raKYA .MEREKA IBARAT VIRUS YG MAKAN DARI DALAM.HUNGGA AKHIRNYA KALAU TERUS BERLANJUTAN,NEGARA GAK AKAN KEMANA2 MALAH AKAN KEROPOS.KALAU SAKIT KEPALA MUNGKIN MASIH CUKUP KUAT UNTUK BERJALAN.NAMUN BILA SAKIT PERUT DAN SAKIT HATI.LAIN JADINYA..ITULAH PERBANDINGANKU..DENGAN KAT2 KORUPSI..BAIK JUGA KALAU BELI PELURU DAN DAN LEOPARD CANGGIH,HANTAMKAN SAJA SAMA ,LINTAH DARAT PENGHIANAT NEGARA,YAITU PARA KORUPTOR.

  17. kejayaan masa lalu hanyalah sebagai kenangan .kalau dulu macan asia,sekarang jadi macan ompong..sedih……dan kejayaan dahulu di tahun 60-an takkan merubah di masa akan datang.KECUALI,adakan pembenahan,perubahan,dan tindakan..

  18. bagus dan teramat baik kalau kita sebagai rakyat INDONESIA punya kepercayaan dan keyakinan yg amat tinggi.khususnya pada perkembangan ekonomi dan kemajuan dan kekuatan alutsista yg sudah ada maupun yg belum datang lagi.namun,harus di ingat kita tidak boleh hanya berfikir apa yg ada di dalam rumah kita.nun jauh disana, dirumah tetangga harus kita perhitungkan sebesar mungkin.kalau kita sudah sama2 membaca INDO MILITER diatas.nampaknya masih banyak kerja yg harus diselesaikan menteri pertahan indonesia.itu belum menyangkut peralatan yg di bawa shukoi indonesia (radar,dan kemampuan untuk melakukan serangan malam dan dari luar cakrawala)yg mana dilini ini adda beberapa perbedaan jauh yg di miliki malaysia dan indonesia.yg jadi masalah adalah level indonesia masih dibawah malaysia,untuk kemampuan jangkauan persenjataan dan radar.kita semua sedia maklum.indonesia bukan tak ada uang untuk membeli yg lebih baik dan lebih canggih dari tetangga.tapi kalau setiap jabatan makan uang rakyat.ujung- ujungnya kempis juga sampai ke pabrik sukhoi….sukar xxxx…..kenapa negara ini masih di penuhi oleh anjing korupsi….pantas sekali perut mereka semakin hari semakin gendut,sedangkan rakyat kecil tempiaran lari sana- lari sini untuk mencari sesuap nasi….rasanya memerangi negara orang lain itu lebih GAMPANG ketimbang merangi rakyat sendiri..KORUPTOR!!!!!!………

  19. KALAU KEPALA DESA AJA KORUPSI BISA KAYA.GIMANA KALAU YG DI ATAS KORUPSI.BUKAN LAGI KAYA..PASTI NEGARA BANGKRUT TOTAL……BUKAN TAK DIBENTUK BADAN ANTI KORUPSI,TAPI SITU JUGA MINTA DUIT KOPI……2X5=10

  20. MAAF SAUDARA PEMBACA..KURANG PANDAI MENULIS …SOALNYA GAK PERNAH SEKOLAH …SD AJA GAK LULUS.

  21. bila mana kembali pada masa silam ,lalu pulang lagi pada 2013(dalam renungan bacaan) rasanya jauh sekali perbedaan antara dua zaman.zaman ke emasan alutsista indonesia…..sekarang dan seterusnya kedepan nanti apakah masih ada harapan.untuk sebuah kekuatan yg pernah digapai…SEBUAH SUPER POWER DI BELAHAN BUMI SELATAN.yg pernah di tperhitungkan dan di takuti oleh belahan dunia barat.sementara kita semua sedia maklum. dan sangat mengetahui,bahwa apa yg kita beli.dan tengah kita buat di persekitaran antara tahun 2000 -2024.jauh powernya buat kita bandingkan, dengan negara di belahan bumi barat dan timur juga eropah….sedihhhh….akankah peristiwa itu akan jadi kenangan selamanya.dan kita akan terus hanyut dalam lamunan..masa lalu indonesia adalah kebodohan di masa sekarang…

  22. kirim asap aja bro singapura ato malaysa udah lumpuh ………………

  23. Walau sekarang indonesia menjadi macan ompong, tetapi kita masih memiliki cakar yang tajam.. jangan kita berfikir pendek kita harus berfikir panjng.. kita memiliki anak2 bangsa yang hebat bahkan guru terhebat pak bj habibie alangkah indahnya indonesia apabila pak habibie memimpin dan membawa kembali bangsa ini menuju bangsa yg maju dan memiliki pendamping seperti pak harto maka indonesia akan menjadi SIMBA ASIA

  24. Memang rumput tetangga lebih indah, tapi coba kita lihat lagi kita memiliki kapal tempur besar seperti kri gadjha mada dan kri irian yng siap menghantam daratan seandainya singapur menyerang, singapur adalah negara kecil yg diapit indonesia mungkin cukup 2 kpal itu saja menghantamnya sudah hancur, dan mungkin masih banyak lagi persenjataan yg masih hebat walau sudah cukup umur

  25. pembela sejati indonesia

    yang penting semangat rela berkorban demi bangsa masih kuat. mo di takut2in jg ga msalah..dari pda canggih ditakut2in meskipun kualitas senjata lebih rengah udah kocar kacir…dari dulu hingga sekarang kita udah terkenal semangatnya…kita dulu aja usir belanda dengan bambu runcing betapa jauhnya itu…tp sekarang kita rasakan hasilnya puluhan tahun… ayo kita kelola uang negara kita untuk kemajuan dan ke amanan negara kita. kita bisa beli yang lebih canggih klo kita bisa tekan koruptor..kr yg dikorupsi tidak lah sedikit…

  26. tingkatkan perkuatan untuk sistem pertahanan semua matra.. tidak ada kata nanti..nanti..dan nanti lagi..!!!

  27. sebelum kita bandingkan kecanggihan kelengkapan tentera sesebuah negara, kita perlu kukuhkan ekonomi rakyat terlebih dulu. bila ekonomi kukuh barulah kecanggihan kelengkapan tentera berubah seiring dengan kekuatan ekonomi. kekuatan sesebuah negara terletak pada ekonomi rakyatnya….maaf kalau komen saya tidak tepat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s