APS: Senapan Otomatis Bawah Air Andalan Kopaska TNI AL

aps

Untuk menunjang misi tempur berdimensi khusus, tentunya diperlukan senjata yang juga punya kemampuan khusus. Contohnya adalah peran pasukan katak (frogman), dalam misi pengamanan obyek vital di bawah permukaan air, maupun tugas inflitrasi bawah air, pasukan katak membutuhkan peralatan yang serba khas. Selain alat selam close circuit, KTBA (Kendaraan Tempur Bawah air), juga dibutuhkan senjata perorangan bawah air yang juga disesuaikan dengan kondisi alam.

Terkait dengan senjatan perorangan pasukan katak, prajurit Kopaska TNI AL begitu mengandalkan sosok APS (Avtomat Podvodnyy Spetsialnyy) atau biasa disebut Special Underwater Automatic Rifle. Dilihat dari tampilannya, APS tidak lain adalah turunan dari AK-47, senapan mesin paling populer dan legendaris di dunia buatan Uni Soviet.

APS dirancang oleh Vladimir Simonov dari manufaktur Tula Arms Plant dan dikembangkan pada 1970, kemudian merilisnya ke pasar pada 1975. Belakangan senapan jenis ini masuk ke berbagai negara lewat kuasa dagang Rosoboronexport, Rusia.

Russian frogman beraksi dengan APS

Russian frogman beraksi dengan APS

Dengan perlengkapan alat selam close circuit, penggunaan APS menjadi sangat ideal

Dengan perlengkapan alat selam close circuit, penggunaan APS menjadi sangat ideal

Speargun, senjata perorangan alternatif untuk tempur bawah air

Speargun, senjata perorangan alternatif untuk tempur bawah air

Yang menjadikan APS beda dengan senapan mesin pada umumnya adalah proyektil peluru kaliber 5,66 x 39 mm yang bentuknya panjang dan meruncing, di kalangan Kopaska peluru ini dikenal dengan sebutan peluru paku. Desain proyektil seperti ini adalah keharusan untuk serangan di dalam air karena “tubuh” air yang lebih padat dari udara. Proyektil yang panjang dan runcing mampu menembus jauh lebih sempurna dan akurat di dalam air.

APS memiliki berat kosong 2,4 kg dan berat total dengan amunisi 3,4 kg. Secara teroritis, senjata ini dapat memuntahkan 600 proyektil per menit, dan kecepatan luncur proyektil mencapai 365 meter per detik pada saat di udara. Pengoperasian senjata ini menggunakan sisten gas.

APS dengan jenis amunisi

APS dengan jenis amunisi

Peluru paku APS dengan peluru reguler (bawah)

Peluru paku APS dengan peluru reguler (bawah)

Jangkauan tembak APS lebih jauh dari speargun. Di kedalaman 5 meter, jangkauan tembak bisa mencapai 30 meter. Sedangkan di kedalaman 20 meter, jangkauan tembak melorot jadi 20 meter. Melorot lagi di kedalaman 40 meter, jangkauan tembak proyektil hanya 11 meter. APS bisa juga ditembakkan di udara seperti halnya senapan mesin reguler, tapi jangkauan tembaknya diperkirakan tak lebih dari 50 meter.

Sedemikian kuatnya, proyektil APS bisa menembus baju penyelam, peralatan selam, harness, bahkan hood penyelam. Tapi karena bentuknya yang bulky, perlu ketrampilan khusus untuk menggunakannya. Juga perlu lathan intens hingga fasih membuat bidikan yang benar. APS memiliki magasin melengkung yang khas, dan dapat dimuati maksimum 26 amunisi.

Pasukan katak beraksi menembakkan APS di dalam air

Pasukan katak beraksi menembakkan APS di dalam air

apsparts

SPP-1, pistol bawah air

SPP-1, pistol bawah air

Karena kemampuannya yang khusus, APS banyak digunakan oleh berbagai pasukan elit dunia. Salah satunya Spetznaz dari Rusia. Selain APS, ada lagi senjata bawah berbentuk pistol yang punya kemampuan serupa, yakni SPP-1 yang juga buatan Rusia. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Tentang iklan-iklan ini

4 responses to “APS: Senapan Otomatis Bawah Air Andalan Kopaska TNI AL

  1. blm ad kbr terbru dr pngembngam underwater gun?, desain APs udah trllu berumur.

    Suka

  2. Siap ndan,russian weapon system emang lengkap n top matkotop!

    Suka

  3. thaxz gan infonya,bravo TNI…!!!

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s