Meneropong Kekuatan Rudal Singapura

F-16 D Block 52 AU Singapura

F-16 D Block 52 AU Singapura

Dari segi geografis, negara pulau dengan luas daratan 704 Km2 ini menjadi negeri dengan luas wilayah termungil di Asia Tenggara. Tapi untuk urusan lainnya, seperti industri, ekonomi dan kemiliteran, Singapura jadi negara yang terkuat saat ini di kawasan Asia Tenggara. Arti terkuat disini dilihat dari keragaman alat perang serta kecanggihan yang menyertai.

Berkat menjadi “sekutu” AS dan bagian dari negeri persemakmuran Inggris, kemajuan militer Singapura sangat pesat, ditambih doktrin ala Israel yang selalu paranoid, menjadikan negeri pulau ini punya seabreg alutsista kelas atas, yang rasanya sulit ditandingi negara tetangganya. Di aspek kekuatan udara, RSAF (Republic of Singapore Air Force) memiliki F-15SG, F-16 C/D block 52, dan armada F-5, khusus untuk F-16 dan F-5, jumlah dan versi yang dimiliki RSAF lebih banyak dan jauh lebih maju ketimbang yang digunakan TNI AU. Untuk aspek kekuatan laut, RSN (Republic of Singapore Navy) lebih mencolok lagi, negeri yang luasnya tak lebih dari DKI Jakarta ini sudah punya 4 unit kapal selam modern kelas hanaSjoormen, bekas pakai AL Swedia, dan 2 unit kapal selam kelas Västergötland baru, juga produksi Swedia.

Di kelas frigat, RSN mengoperasikan 6 unit frigat multi role kelas Formidable, salah satu keunggulan frigat ini mampu membawa helikopter Sikorsky SH-60B Seahawk untuk misi anti kapal selam. Tambah sakti lagi, Singapura kini punya 20 unit helikopter AH-64D lowbow Apache. Belum lagi di aspek militer di darat, unit kavaleri Singapura sudah mengoperasikan MBT (main battle tank)sejak lama, diantaranya MBT jenis Centrion dan yang paling garang adalah Leopard 2A4 buatan Jerman.

Sikorsky  SH-60B Seahawk  AL Singapura

Sikorsky SH-60B Seahawk AL Singapura

Sebagai sekutu dekat AS dan Israel, Singapura pun cukup sukses memajukan industri pertahanannya, bahkan satuan artileri medan TNI AD pun menggunakan Meriam Howitzer 155mm FH 2000 buatan Singapura. Dengan jajaran alutsista yang canggih, sudah diduga kemampuan rudal negeri ini juga paling handal di Asia Tenggara. Berikut etalase rudal milik Singapura.

bagan

Dari tabel kekuatan rudal diatas, nampak jelas Singapura sangat unggul untuk aspek rudal udara ke udara, rudal darat ke udara/anti pesawat, dan rudal udara ke permukaan. Sebagai contoh, untuk peran duel di udara, Singapura dibekali Sidewinder versi J/P/S/X untuk jenis SRAAM (short range air to air missile). Untuk jenis SRAAM Sidewinder bisa dibilang menjadi rudal ‘sejuta umat,’ Indonesia pun tak asing menggunakan jenis rudal penyengat panas ini.

Tapi melumpuhkan pesawat tak harus dengan duel jarak dekat, RSAF sudah punya AIM-120 AMRAAM untuk jenis BVRAAM (beyond visual range air to air missile), AMRAAM menjadi momok yang menakutkan dalam perang udara modern, rudal ini dapat melesat hingga jarak 70 Km dengan kecepatan 4 Mach. Pilot penembak tak perlu melihat sasaran secara langsung, karena sasaran berada di balik cakrawala, rudal ini biasanya dipasang pada F-16 dan F-15, dioperasikan dengan dukungan radar pendeteksi sasaran yang canggih.

AIM-9X Sidewinder, menjadi rudal andalan F-15SG dan F-16 AU Singapura

AIM-9X Sidewinder, menjadi rudal andalan F-15SG dan F-16 AU Singapura

AMRAAM terbilang rudal yang battle proven, kiprah rudal ini sudah mulai terdengar sejak berhasil merontokkan MIG-23 milik Libya di bulan Januari 1993. Sebelumnya pada Desember 1992, MiG-25 milik Irak juga dihancurkan oleh AMRAAM yang dilepaskan dari F-16. Di setiap kehadiran militer AS, terutama yang terkait kampanye kekuatan udara, hampir tak lepas dari hadirnya AMRAAM, termasuk aksi militer AS di dalam mengamankan zona larangan terbang di Bosnia dan Kosovo.

Selain itu, RSAF masih diperkuat lini MRAAM (medium range air to air missile) dari jenis rudal AIM-7M Sparrow. Rudal dengan pemandu radar semi aktif ini dapat menjangkau sasaran hingga 50 Km dengan kecepatan 2,5 Mach. Seperti halnya AMRAAM, Sparrow juga dipasang pada F-15 dan F-16. Tak puas dengan rudal dari AS, RSAF masih punya Phyton-4 Derby, masing-masing adalah rudal jarak dekat dan BVRAAM buatan Isreal yang punya desain dan spesifikasi mirip Sidewinder dan Sparrow, rudal-rudal dari Israel ini juga memperkuat F-15 dan F-16. Dari paparan diatas, nampak RSAF sangat superior di kawasan Asia Tenggara. Baik rudal dan pesawat tempur yang dimiliki merupakan jenis battle proven.

Rudal Python-4 buatan Israel

Rudal Python-4 buatan Israel

Rudal Aster, salah rudal anti serangan udara andalan pada frigat kelas Formidable

Rudal Aster, salah rudal anti serangan udara andalan pada frigat kelas Formidable

Frigat berkemampuan stealth kelas Formidable

Frigat berkemampuan stealth kelas Formidable

Singapura pun jadi negeri di Asia Selatan dengan pertahanan udara (anti serangan udara) terkuat. Dari tabel diatas, nampak berlapis jenis rudal yang dioperasikan RSA (Republic of Singapore Army), beberapa diantaranya, seperti RBS-70, Mistral, dan Rapier juga digunakan Arhanud TNI AD sebagai elemen SHORAD. Selebihnya Singapura mengoperasikan SAM jarak menengah, yakni rudal Hawk buatan Raytheon Corporation, AS. Hawk mampu menjangkau sasaran hingga 24 Km dengan ketinggian luncur 14 Km.

Antisipasi pertahanan udara di belantara gedung, Singapura juga menyiapkan mobile SAM SHORAD, untuk segmen ini dipercayakan pada RBS-70 yang ditempatkan pada ranpur Cadilage Cage V-200 dan Rafael Spyder (Surface-to-air PYthon and DERby) dari Isreal, Spyder adalah sistem perluncur rudal darat ke udara dari platform rudal Python dan Derby.

Di segmen rudal udara ke permukaan, Singapura juga nyaris tanpa tandingan di Asia Tenggara, selain versi Maverick yang beragam (B/D/G), Singapura juga punya etalase rudal anti tank kampiun, sebut saja TOW dan Longbow Hellfire yang dipasang pada heli tempur Apache. Tak lupa Singapura juga memiliki AGM-84A Harpoon, AGM adalah versi udara ke permukaan dari Harpoon.

Rudal Rafael Spyder, salah satu andalan Singapura dalam pertahanan udara

Rudal Rafael Spyder, salah satu andalan Singapura dalam pertahanan udara

Rudal Hawk, salah satu SAM jarak menengah yang battle proven di kalangan NATO

Rudal Hawk, salah satu SAM jarak menengah yang battle proven di kalangan NATO

Tanpa basa basi Singapura sudah memiliki rudal anti tank battle proven AGM-114L Longbow Hellfire yang menjadi senjata pamungkas heli serbu Apache

Tanpa basa basi Singapura sudah memiliki rudal anti tank battle proven AGM-114L Longbow Hellfire yang menjadi senjata pamungkas heli serbu Apache

Dalam pemikiran awam, Singapura dengan luas wilayah sangat kecil sepertinya mudah untuk ditaklukan, tapi lain hal dalam analisa pertempuran modern, Singapura dengan supremasi udara bisa jadi mampu melakukan aksi ofensif terbatas.

Wilayah angkasa negeri Singa ini pun punya perisai sistem pertahanan udara dan rudal yang sangat baik. Kemampuan deteksi radarnya pun bisa menjangkau lalu lintas udara Indonesia. Beberapa jenis radar yang dimiliki Singapura mencakup Giraffe S3D buatan Ericsson, Swedia, radar ini juga digunakan oleh Indonesia. Dan yang lebih modern adalah radar AN/FPS-117 buatan Lockheed Martin, AS, radar pencari 3 dimensi ini dapat mengendus sasaran pada jarak 400 Km.

Dukungan rudal anti kapal tak kalah lengkapnya, beberapa frigat dan kapal patroli RSN sudah dibekali rudal RGM-84 Harpoon, Gabriel Mk-2 buatan Isreal, serta SAM SHORAD Mistra/Simbad. Bahkan RSN membekali frigat kelas Formidable dengan rudal Aster 15/30. Aster merupakan rudal besutan MBDA untuk misi anti serangan udara, dirancang untuk menghantam target kapal perang dan rudal.

Selain dikenal sebagai surganya koruptor Indonesia, negeri pulau ini juga menjadi ‘sombong’ dengan kerap memancing provokasi pada militer Indonesia, terutama menyangkut batas teritori wilayah laut dan udara. Awal Oktober tahun 2008, mantan Menteri Pertahanan, Yuwono Sudharsono pernah menyebutkan, bahwa Singapura adalah tetangga yang tidak jujur. Untuk mengamankan Selat Singapura dan Selat Malaka yang rawan perompakan, mereka bersemangat untuk melakukan patroli bersama TNI AL, tetapi jika untuk urusan penyelundupan pasir laut mereka tidak bersemangat dan jadi loyo karena menyangkut kepentingan sepihak yang menguntungkan mereka. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Tentang iklan-iklan ini

62 responses to “Meneropong Kekuatan Rudal Singapura

  1. Tulisannya benar2 sadis, two thumbs up… jadi tahu betapa kuatnya Singapura…

    Suka

    • Selalu ada titik lemahnya, Singapura tak akan bisa mengembalikan asap tebal yang dikirim dari hutan-hutan di Indonesia. Singapura masih import air untuk rakyatnya lewat pipa-pipa dari Pulau Bintan dan johor. Mereka masih menggantungkan 100% jalur perdagangannya melaui Selat Malaka. Apa jadinya kalau semua itu kita tutup ? Untuk berapa lama Singapura bisa bertahan ?

      Suka

  2. US sengaja menyokong penuh kedigdayaan militer Singapura sbg penjaga kepentingannya di Asia tenggara..
    coba TNI men upgrade Alutsista ny n meningkatkan jmlh alutsista strategis, ato uji coba misil jarak jauh, ni tetangga bakal was was.

    Suka

  3. Di kirain sehebat apa tuh Singapur….
    Hadeuuuh ternyata cuman made in nato semua….

    Suka

  4. kecil2 ngeri juga neh… 1 bom atom rata…

    Suka

  5. jayalah indonesia

    klo indonesia sudah punya roket kendali dngn jarak 300 km baik buatan sendiri atau beli dari brasil, singapura pasti bingung setengah mati he he he dgn luas cuma se DKI jakarta aja ha ha ha…. wlo mereka menerapkkan konsep tempur sarang lebah (krn keunggulan alutsista pesawat tempur lengkap misilnya), klo semua roket diarahkan ke singapura gimana ceritanya….. he he he….

    Suka

  6. Yang jelas bila begitu ceritanya, maka Armada VII US Navy segera merapat ke selat Malaka…hehehe, lha wong di singapur ada pangkalan AS :-) Tapi apa pun itu, singapura kini sudah siap secara teknologi, baik kualitas dan kuantitas, kita pun mengakuinya, seperti beberapa alutsista TNI dibeli dr mereka. Sebaliknya negeri kita tercinta yang kaya dengan intrik politik baru sebatas berkonsep ria, kalau punya ini dan kalau punya itu..bla bla bla…peace lho

    Suka

    • setuju……….begitulah negara kita yang tercinta ini…
      kita punya banyak ahli yang berbakat tapi tidak dimanfaatkan,….

      Suka

  7. Marinir hrs punya seratus sniper, diikuti corp lainnya utk ops grilya dan roket segera disiapkan di perbatasan disamping itu kita kerjasama dg cina.

    Suka

  8. ‘jayalah INDONESIA’

    Suka

  9. walau se abreg rudal dan peralatan tempur mereka tidak bisa menyurutkan semangat juang tempur kami yg telah di wariskan oleh para pejuang terdahulu terhadap kami ‘SILIWANGI’,….”ESA HILANG DUA TERBILANG”

    Suka

  10. miss masa lalu jangan terulang lg. jaya tni ku.

    Suka

  11. Yah kalau dengan singapura cukup membakar sampah di riau, mereka sudah megap megap.

    Suka

  12. Wah dengan alat perang sebanyak itu enak tuh buat TNI dapet senjata gratis. Tinggal kirim kopassus, marinir, dan kesatuan lain langsung ke jantung negara kota trsbt terus perang kota.. Udah deh rudal pesawat dll trsbt jadi milik kita hehehe.. Tentara mrka “gemulai” smua bro.. Kl operasiin alat2 canggih jelas mrka ahli kaya anak2 kita maen PS tp kl suruh fight perang scra personal.. Ampuun lah yauw..

    Suka

  13. ayam sayur!

    Suka

  14. dikasih asap dari riau aj dah klepek2

    Suka

  15. SEMOGA INDONESIA PUNYA 10000000000000000000000000000000 100000000000000000000KM BIAR SEKALI TEMBAK SINGAPUR MA MALAYSIA HILANG DARI PETA DUNIA…AMIIN

    Suka

  16. Saya ingin Indonesia Gak usah neko2,tiru sana tiru sini, saya ingin Indonesia fokus pada penelitian RUDAL saja cukup, baik ukuran,jarak tempuh bahkan kalo bisa berkemampuan stealth,tepat dan mematikan bahkan meluluh lantakkan pangkalan2 militer tetangga beserta armadanya

    Suka

  17. Indonesia.china,rusia,korut,iran,brsktu krj sm hbungan yg baik mntab dh tu..

    Suka

  18. Pak Pres bgmn tuu, percobaan roket RX-550 blm klar tolong dibantu dan Pak Pres hrs fokus utk roket hrs bhsil apapun kendalanya. Kalau bs kendala yg ada diroket hrs dislesaikan oleh TNI juga, wlpun menggunakan negara ke 3 dan selesai jd Pres Bp bhsil sbg pres pertama yg menyiapkan roket Ind utk menuju ke ruang angkasa. Slamat Pak Pres

    Suka

    • Ikutan nimbrung donk,bener itu bro tentara singo itu letoy semua,gabungan satuan elit mcem denjaka satpaska kopassus ama pskhas susupkan masuk negoro singo,udah selesai itu cerita.

      Suka

  19. Ass,,Minta tolng di waspadai itu senjata kan made–in AS- israel, jngn2 dy biki pangkalan militer tersembuyi buat lawan indonesia,,? Tapi jngn takut * 1,alloh bersama kita dan rakyat indonesia,*2,tlong indonesia kerja sama,,,! sama rusia, cina, korut,khusus Iran, pasti mereka takut, terlebih cina kan warganya banyak di indonesia pasti dy mau bantu, ( hrmat kami , keL-besar TNI) was

    Suka

  20. ga usah pake roket gan2… se NUSANTARA NKRI aja kencingin tuh palou… dah tenggelam kok….wkwkwkwk

    Suka

  21. kirim 2 pleton Kopasus [atau dari yg lain] dengan menyamar sebagai sipil dan membawa virus menular yang mematikan/melumpuhkan. Tergantung detectable jenis virusnya cara masuk bisa lewat bandara, pelabuan, masuk diam2 atau dgn media dan cara lain. Virus tersebut kemudian disebarkan di titik2 penting bagi militer dan ekonomi. Setelah virus tersebar merata dalam waktu singkat militer dan ekonomi Singapur akan lumpuh. Malaysia akan menutup perbatasan dan demikian juga Indonesia. Sementara negara2 lain bisa mengisolasi wilayah yg terkena epidemi, Singapur tidak bisa pergi kemana mana.
    itu mmg cuma skenario khayalan :) tapi bentuk perang bisa banyak jenisnya. Dan Ukuran Singapur yang memberikan mereka kemakmuran merata bagi rakyatnya juga merupakan kelemahannya.
    Bahkan dengan skenario konvensional misal dgn produksi rudal masal Indonesia [walau yg lowtech] yang dipasang di kendaraan bergerak juga Kapal dan pesawat [tempur atau sipil] akan bisa dengan mudah melumpuhkan system pertahanan udara Singapur, walau 50% dari seribu rudal yg diluncurkan bisa dilumpuhkan oleh system pertahanan udara mereka tapi 50% sisanya lebih dari cukup meratakan Singapur. Setelah itu baru angkatan udara dan pertahanan udara kita bersiap menghadapi serangan balasan pesawat tempur Singapur yang disimpan di Thailand, India dan USA. Itu jg kl pilotnya masih punya semangat tempur

    Suka

  22. hati2 om, mmereka punya doktrin seperti zionis! mereka nggak akan menunggu di serang. mereka akan menyerang duluan. kemudian kuasai wilayah musuh. rebut seluas2nya wilayah musuh, dan tak mau mundur sejengkal pun! pasangperimeter rudal di wilayah yg dikuasai, rebut simpati penduduk lokal dg duit dan slogan ekonomi yg mereka punya. hilang deh wilayah batam, riau, babel bahkan mungkin sumnatera serta kalimantan kita! hati2!!!

    Suka

  23. subhan caniago

    klu konfrontasi dengan indonesia tidak ada gunanya………1 hari bisa di lumat sama indonesia

    Suka

    • kalo boleh tahu Indonesia melumatnya pake apa ya bang? hehehe. Memangnya bisa ya?

      Suka

      • Pulau kecil gitu alangkah gampang ngelumatnya.asap bakaran sampah aja cukup buat mereka megap2.belum lagi rakyatnya yg cm beberapa ribu,brapa banyak sih yg bs angkat senjata?keburu abis sesek napas kena asap bakaran sampah sdm-nya sebelum ngadepin tentara kita secara langsung.apalagi kalau kita bisa blokade kapal dagang mereka dengan KS.bakal ribut rakyat mereka cebok pake air laut karena gak ada tisu.makanya kata saya KS itu senjata strategis untuk negara kepulauan dan musuh yg di kelilingi laut…beli atau bikin yg banyak!

        Suka

      • jendralKorup

        jawaban realistis NGIMPIIIII kali indo bisa ngelumat singapur, malah sebaliknya br mo mendarat di pantai kapal2x perang TNI AL udah karam semua dilibas ama 6 fregat canggih mereka, atau mo pake linud mo terjun dimana??? :P ……singapur itu kek heavily armed fortress, negeri kecil tp SAMnya rapet dan bejibun,kgk ada celah untuk memanfaatkan kelemahan mereka..satu2xnya cara aman adalah blockade campaign…itupun harus dengan rencana dan eksekusi yg cerdik ;-)

        Suka

      • kalo bener2 indo war ma singapur 100% indo dah pasti menang dah kalo 1Vs1 ( kalo singapur ga manggil temen2 sekutu nya , mengingat indo adalah negara netral ) lagian Penduduk singapur ga lebih banyak dari penduduk di jatim / jabar / jateng dengan jumlah segitu maen santet aja dah mayan manjur itu , belom lagi kalo TKI yg ada di sana Bantu Belain Indo, kalo sudah begitu g usah maen Teknologi

        Suka

  24. Kalo kita perang vs singapus. Pasti singapus akan mendatangkan iron dome milik israel. Nah supaya kita menang gempur langsung aja datangi singapore kalo perlu langsung ke kuala Lumpur Aja. Kita tembaki dari jarak 10 meter aja.

    Suka

  25. Mas jenderal,mau sekuat apapun suatu pulau kalau di kepung tinggal tunggu tanggal maennya mereka mengemis ampun.kita boleh gak masuk pulau mereka.kita hancurkan setiap serangan mereka yg mau mendobrak kepungan.kalau mereka memusatkan seluruh kekuatan itu yg kita tunggu agar kita bisa menghancurkan mereka sekali pukul.cukup kita kencangkan cekikan kita tiap hari dengan menambah lapisan kepungan rakyat mereka pasti kalang kabut.secara gitu loh dah lama idup enak maunya serba modern dan bersih.gak ada air bersih aja pasti dah merengek

    Suka

  26. Kenapa indonesia yg seribu kali lebih luas wilayahnya gak bs spt itu,malah di bawahnya,apa yg salah,,????

    Suka

    • Apa yang salah? ya salah semuanya dari awal…hahaha

      Suka

      • jendralKorup

        best quote of the day LoL :D pepatah manjur yg dipake petinggi militer indo “better late than never” tapi yaitu “very very late….” rencana dan rencana molo…pengen sekuat ostrali lah AB indo, pengen punya 100 MBT lah (ampe skarang blm jelas tuh),sign kotrak buat KS ama negeri yg belum pernah buat dan make jenis KS yg dipesan,24 F-16?, KFX (proyek yg lebih enggk jelas lagi)

        Suka

  27. indonesia itu hanyalah sebuah negara yang mana di dalamnya orang-orang rakus dan kita bisa bilang indonesia itu negara yang hanya banyak bermimipi karna kebanyakan indonesia hanya mempelajari teorinya saja

    Suka

  28. ma' bherenk jaya

    hebat singapura ya..? seandainya negaraku TNInya punya alutsista selengkap dan secanggih singapura..betapa bangganya aku,kenapa singapura klo beli alutsista canggih yang kelas superior padahal negaranya kecil.klo indonesia yang luasnya berpuluh kali lipat dibanding singapura hanya beli yang kelas dua,kapannn kita akan seperti singapura alutsistanya?

    Suka

  29. NEGARAKU BENCONG LAWAN NEGARA ANAK2

    Suka

  30. Indonesia hrs bersih dr korupsi, baru bisa mengalahkan singapura dan itupun hrs berusaha membenahi alutsistanya. Singapura pesawatnya ditaruh di Australia, ditaruk di India, ditaruk di Thailand dan AS (dg kapal induk AS kapal terbang Singapura numpang, siap serang siapa menjadi lawan). Jadi serangan thd Indonesia dr arah sgl penjuru, satu2 jalan kita hrs memperbaiki roket2 yg sdh diuji coba dan kemampuan roket2 tsb hrs sangat hebat utk membuka bungker2 yg sdh diasiapkan oleh singapura. Selanjutnya satelit2 kita hrs diper canggih utk mendeteksi, gerakan2 pasukan singapura/AS/Australia dan satelit hrs terintegrasi dg radar serta roket2 kita yg siap utk pertahanan NKRI. Jangan lupa ekonomi kita hrs bagus agar anggaran pertahanannya terus meningkat, anak2 bangsa hrs bersatu utk melawan lawan Indonesia dr segala arah serangan dan dg bersatu kedlm maka Indonesia tdk dpt dirong2 Contohnya: negara Iran, Cina. Slamat berjuang……Anak2 bangsa….lawan kita banyak.

    Suka

  31. makanya politikus dan pengamat jangan banyak bicara macam mana TNI mau bagus anggarannya aja cilik,baru dikasih anggaran dikit naik aja udah pada sewot mua,,kalau dah gini kondisinya siap2 untuk di jajah,jgn salahkan TNI nya kalau memang kita kalah dalam persenjataan,maju terus prajurit ku bangsa ini berbalur dgn jiwamu korsa

    Suka

  32. TNI selalu membuat analisa terhadap kekuatan regionalnya, TNI saat ini mempunya berbagai macam rudal kombinasi dari Rusia, Francis, AS, Inggris, dll. disamping itu juga indonesia tengah mengembangkan rudal C-705 buatan bersama antara RI-China, rudal-rudal yg disebutkan negara produsennya itu sudah cukup variasi, mulai jarak 24km-300km dan ini baru MEF ke-1,,, bagaimana kelanjutan MEF ke-2 ya tinggal kita tunggu saja th pemerintahan 2014-2019 nanti … mudah2an presiden yg akan datang berpikir lebih dari pembelian alutsista periode sekarang

    Suka

  33. walaupon singapura ,israel,amerika n nato mempunyai senjata2 yang ampuh,tapi jgn sepelekan indonesia,indonesia juga mempunyai senjata yang dahsyat di banding mereka.cukup dengan 1 senjata singapura dah jd bumi rata yaitu dgn alat (ajian rengkah gunung) dgn alat ini ,jangankan gedung2 tingkat seratus,gunung aja bisa di hancurkan .itu cuma 1 senjata dr indonesia lo……. blm yang lain .majulah bumi pertiwi indonesiaku.agagagagagagagagagagaaaa

    Suka

  34. assalamualaikum memang sudah sepantasnya TNI memiliki rudal antara lain adalah : 1.rudal s-300 pmu-1 dan pmu-2,2.rudal brahmos,3.rudal HQ.9,HQ.12 dan rudal HQ.16 yang dikombinasikan dengan rudal S-300 PMU-1 atau PMU-2,sebagai rujukan rudal shahab 1,2 dan 3 ataupun aster dapat kita jadikan bahan kekuatan TNI.Agak ketinggalan apabila hanya andalkan bofor mk.1 dan mk.2,meriam zur atau oerlikon karena hanya pantas dikapal patroli polisi air,dkp,beacukai,kp.3 saja.kami kader PAN dukung penuh TNI…

    Suka

  35. mau sekutunya AS,sekutunya Israel,bodoh amat.tak akan kubiarkan asing ato siapapun yg berani mengusik atas kedaulatan ibu pertiwi (NKRI).

    Suka

  36. Semoga bangsa ini sadar akan doktrinnya singapus serta sekutunya yang notabene mengkiblatkan diri seperti halnya zionis, sebagai negara offensive. Dng ditempakatkannya JT singapus di aussie dan india jelas membuat negeri kecil itu strategis, kita INDONESIA bisa serang negaranya dalam satu malam selesai, tp ingat kah, JT mereka tepat mengepung kedaulatan NKRI. ‘Lu ambl noh pulo kecil kami, gw ambil jntung ibu pertiwimu’. Apalagi skrg terjadi pergerakan besar2an tentera US dengan jmlh yg sangat besar menuju lautan ATLANTIK. Kita terkepung!!! Mskpn diykni bngsa ini bnyk merhskn arsenal2 militer pentingnya. Tp kt harus ttp waspada. Terlebih waspada terhadap provokasi pemecah bangsa. Bukan ga kebetulankah, US menyiagakan ‘ARMY’nya, bertepatan dng diadakannya PEMILU 2014 nanti? Generasi Muda harus BANGKIT dan sadar bahwa kita harus BERSATU… JAYALAH INDONESIA RAYAKU, SEMOGA TUHAN SELALU MELINDUNGIMU

    Suka

  37. Woy…
    BANGUN…

    Suka

  38. Al-Liwa Ar-Rayyah

    Siap! Sudah sersan :P

    Suka

  39. Kalau TNI dimainkan oleh negara2 luar mau apa, contoh th 1965 dg G30 S, kemudian th 1975 Timor Timur lepas dan lepasnya P Ligitan/P Sipadan serta apa kekuatan militer era soekarno yg kuat kan tdk ada artinya. Jadi kita semua hrs bersatu utk menghancurkan korupsi, menghancurkan orang2 yg tdk senang produk dlm negeri spt alutsista yg diproduksi sendiri serta berusaha mensejahterakan masyarakat NKRI. Salam NKRI……………

    Suka

  40. kapan indonesia maju klo pimpinannya gk tegas.,mau beli apapun semua minta bagian dl.

    Suka

  41. Tuntas kn rudal nya dulu pak pres…
    Coba dulu pndpat bj habibi di tnggapi oleh pemerintah . Indonesia pasti bza br saing ma jerman n singapur,nato

    Suka

  42. agak ngeri juga mbaca kekuatan singapura, tapi kalau ngajak tempur Indonesia mereka masih akan berpikir seribu kali, sesuai bahasan di atas, meraka siap secara teknologi dan senjata, tapi wilayah mereka sangat kecil. Jika sepanjang pantainya di pasangi ranjau oleh pasukan katak kita plus bakar dikit hutan disumatera tinggal landingkan pasukan darat saya kira senjata yang canggih tersebut gak akan ada gunanya, kecuali sekutu-sekutunya ikut campur. BTW setuju dengan beberapa Pendapat di atas, sudah waktunya Indonesai memiliki kekuatan senjata yang minimal mendekati Singapura and kalau bisa BIKIN SENDIRI. Biar kecil klo bikin banyak kan tetap mematikan. Gak usah sedahsyat AVRAMM klo seribu biji dilincurin dari Batam abis tuh Singapura….Peace Ahhhhh

    Suka

  43. jangan kucewa dulu ma Kekuatan Militer indonesia

    indonesia dah mulai berbenah pertahanan militer saat ini lho . . . . . .
    nih info wiki kapal nya :

    http://id.wikipedia.org/wiki/KRI_Klewang

    (salah satu stealth ship dengan misil antikapal Tercanggih di dunia)

    info Video dari Trans 7 :

    Pesawat Tempur (biar masih kaga jelas nasib nya) :

    http://en.wikipedia.org/wiki/KAI_T-50_Golden_Eagle

    untuk Pesawat Tempur ga 100% buatan indo
    (soalnya Rancangan buatan US-Korea)
    Tapi di buat oleh PT.Dirgantara indonesia

    walaupun tidak sebaik Su-27SK/SKM, Su-30MK/MK2 , Setidak nya KFX lebih baik dari F-16

    Maju Terus indonesia . . . . . . . .

    ^o^

    Suka

  44. Komentar2nya pada ngayal smua.. kirim kopassus lah, sekutu sm iran, skutu sm korut lah. Emang mau lu klo misalnya kita menang trus kita dipaksa jadi komunis dan atheis?! GUOOBLLOOOKK. Pdhl indonesia mengakui Tuhan yang maha esa. Yg pnting ini korupsi di negara hrs musnah dan mental rakyat yg hrs diperbaiki

    Suka

  45. Semua Itu, Bisa Dikalahkan Dengan Indonesia, Jika Indonesia Bekerja Keras,
    Inggat Dulu saja Indonesia Bisa Menang Meskipun Hanya Memakai Bambu Runcing, Indonesia Pun Cerdik Bisa Mengambil Senjata Lawan Tapi Jangan Lupa Berdo’a Kpd Allah Swt,
    Tapi Sekarang Bnyak KORUPTOR

    Suka

  46. EKSPOR SAJA KORUPTOR INDONESIA KE SINGAPUR PASTI MEGAP MEGAP EKONOMI MEREKA

    Suka

  47. Wakil Menteri ESDM bilang, “kalau Singapura dan Malaysia lima hari saja nyetop ekspor BBM ke Indonesia, maka pesawat tempur kita nggak akan bisa terbang.” Secara Indonesia masih butuh impor BBM dari mereka, karena mereka punya industri penyulingan minyak terbesar dan tercanggih di dunia. Ironis banget, Singapura negara tanpa kilang minyak tapi bisa mendikte soal ketahanan BBM Indonesia.

    Suka

    • Ya itulah.. banyak jargon2 mengalahkan Singapura/Malaysia dengan anekdot yang ga masuk akal, teriak2 ganyang, lha ujung2nya yang kena ganyang terus menerus justru Indonesia :-(

      Suka

  48. suhedi sopian

    sehebat hebatnya kekuatan alutsista negeri mugil akan lebih mudah di kalahkan daripada negeri besar minim alutsista dan juga ekonomi ,bisnis singapura bergantung pada perdagangan laut kalo kita bangun pelabuhan di sabang akan dipastikan devisa negeri mngil itu akan berkrang derastis tapi apa untunggnya untuk singapura punya angkatan perang hebat toh dikirim asep dari riau aja kelepekan itu adalah senjata pemusnah massal indonesia kalo engga juga singapura kan gak punya sumberdaya untk kehidupan warganya jadi harus impor dari negeri tetangga seperti listrik,beras,air bersih,dan lain2 kalo kita hentikan aliran listrik kita kenegara itu akan sangat sulit bagi singapura untuk meng optimalkan kekuatan pertahannanya apabila perang dengan indonesia atau negara tetangganya yang lain apabila ada konflik mngkin indonesia masih menahan diri dari singapura karna singapura adalah sahabat dekat as

    Suka

  49. bisa nya cuma main keroyokan tuh………..NATO lagi Nato lagi…………jayalah INDONESIAKU……………

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s