Mengenal Korps Kavaleri TNI AD

Batalyon-Kavaleri-Tank-TNI-AD

Dalam lingkup TNI Angkatan Darat, korps kavaleri  terdiri dari beragam tingkat satuan. Dimulai dari tingkat batalyon. Batalyon kavaleri tidak selalu terdiri dari 600-1000 personel, berbeda dengan ukuran personel di batalyon infantri. Ukuran batalyon bagi korps yang menggunakan baret hitam ini mengacu pada jumlah kendaraan yang dimiliki, misalnya terdiri dari sekian tank atau sekian panser.

Ambil contoh pada batalyon kavaleri di lingkungan Kostrad, satu peleton kavaleri terdiri atas 3 tank Scorpion dan 1 tank Stormer APC. Lebih jauh, tiga peleton membentuk tiga kompi, dan akhirnya tiga kompi membentuk satu batalyon.

Dalam satu batalyon kavaleri biasanya terdiri dari 3 kompi pemukul dan 1 kompi markas. Markas kompi batalyon kavaleri biasanya tersebar di beberapa kota. Seperti batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta yang bermarkas di Ambarawa memiliki kompi yang bermarkas di Yogyakarta.

Unsur persenjataan utama Yonkav terdiri dari dua jenis, yakni tank dan panser. Ada Yonkav yang persenjataannya khusus panser (Yonkav Panser) atau khusus tank saja (Yonkav Tank), atau gabungan antara keduanya (Yonkav Serbu). Contoh Yonkav yang persenjataannya hanya tank: Yonkav 1/Tank Kostrad. Sedang khusus panser, contohnya Yonkav 7/Panser Khusus Kodam Jaya. Contoh yang gabungan seperti Yonkav 9/Serbu (Kodam Jaya), Yonkav 4/Serbu (Kodam III/Siliwangi). Meski demikian, Yonkav yang berunsur gabungan panser dan tank adalah bentuk yang paling umum. Hingga saat ini terdapat 12 batalyon kavaleri di lingkup TNI AD yang tersebar di tingkat Kodam dan Kostrad.

Selain itu masih terdapat juga satuan kavaleri lain dalam bentuk kompi kavaleri berdiri sendiri atau detasemen kavaleri di lingkungan TNI AD. Kompi kavaleri (Kikav) panser berada di tiap Kodam. (Haryo Adjie Nogo Seno)

About these ads

11 responses to “Mengenal Korps Kavaleri TNI AD

  1. sbenarnya sama aja.jumlah personil kavaleri sama dgn satuan korps lain di AD.satu peleton kavaleri terdiri dr 3 tank.1 tank di awaki 4-5 orang (komandan,driver,gunner,gunner & loader)total 15-20 orang.ini setara dgn kekuatan 1 peleton infantri.masalahnya diindo awak tanknya cm 3 jd jml awaknya bd jauh sm awak tank luar (maklum tank indo imut2 sih).kdepan panser apc kasihin aja ke infantri buat bentuk satuan infantri mekanis

  2. patut dipikirin jg untuk bentuk kavaleri udara terdiri dr heli serbu n serang terpisah dr puspenerbad untuk mendukung gerak maju tank termasuk membersihkan infantri lawan yg bersenjata AT.sisanya serahin sm infantri mekanis yg mengikuti di belakang.

    • well so far that was a wet dream for the army :P setau gw blm ada konsep yg jelas dr para petinggi AD untuk merubah konsep “lawas nan digdaya” infantri strong ;-)

  3. Dewan Pimpinan Ranting PARTAI AMANAT NASIONAL Pondok Karya Pondok Aren Tangerang Selatan Banten setuju saja dengan usulan dari saudaraku,…Pendirian BATALYON INFANTRI MEKANIS diadakan sesuai dengan mekanis kebutuhan TNI.AD,akan tetapi TANK,PANSER apa yang akan dirujuk MABES TNI?.Ini home work buat TNI-apakah BATALYON INFANTRI TNI.AD sudah puas dengan keadaan seperti ini?,apakah dibutuhkan PEMEKARAN/Berdiri Sendiri?.Makanya perlu adanya tanggapan positif dan kajian khusus dari MABES TNI Cilangkap.

  4. Dewan Pimpinan Ranting PARTAI AMANAT NASIONAL Pondok Karya Pondok Aren Tangerang Selatan Banten justru melihat kesedihan mendalam jika warga prajurit TNI jauh dari rakyatnya,dan maind set tersebut harus dirubah, 1.TNI dari berbagai kesatuan harus melebur didalam dinamika kehidupan rakyat bersama-sama PEMDA dan POLRI. 2.Kemandirian pangan rakyat,bersama DEPTAN,DEPHUT,Akademis harus bisa bersama-sama membangun lahan pertanian yang maju,bukan MALL yang dibangun pesat,tapi lahan pangan rakyat/swasembada dibgun

  5. Dewan Pimpinan Rakyat PARTAI AMANAT NASIONAL Pondok Karya Pondok Aren Tangerang Selatan Banten berucap syukur ALHAMDULILLAH,Alutsista TNI tahun RENSTRA sekarang banyak kemajuan,ini menandakan rakyat mulai mempercayai/memberikan AMANAT besar untuk warga TNI.Dan amanat seluruh rakyat Indonesia ini jangan sampai dikhianati (QS.Al Anfaal (8) ayat 27).Makanya kami KADER PAN perlu pencerahan dari Petinggi TNI,dari list alutsista yang ada apa yang btuhkan TNI saat ini?.Tetapi kesejahteraan prajurit tetap priorits

  6. Utk menghadapi tantangan kedepan sudah harus berpikir membentuk satuan tank terbang.

  7. saya hanya mau tanya,
    apakah saudara NUROHMAN msh bertugas diyonkav 2 tank,
    klo mmg msh sudi kiranya menyampaikan pd beliau agr segera dtg kekediaman sy,
    dk.kebuntaman,rowosari.
    seblmnya sy ucpkn terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s