C-705 : Rudal Pamungkas Andalan Kapal Cepat TNI AL

Rudal C-705

Pada hari Senin, 25 April 2011, Armada Kawasan Barat (Armabar) TNI AL mendapat tambahan alutsista baru berupa kapal cepat rudal (KCR) tipe 40. Kapal cepat rudal yang diberi nama KRI Clurit (641), tak lain adalah kapal perang buatan dalam negeri yang pertama kali dibangun di PT. Palindo Marine, Batam. Meski kodratnya berupa kapal patroli berukuran kecil, jangan diragukan, KRI Clurit mempunyai kemampuan yang cukup maju. Dengan panjang kapal ‘hanya’ 43 meter, Clurit dipersenjatai kanon kaliber 30 mm, meriam anjungan 20 mm, dan rudal anti kapal C-705.

Jenis senjata yang terakhir disebut, C-705, yang menjadikan KRI Clurit rada spesial dibanding kapal cepat TNI AL lainnya. Sebagai pengingat, jenis KCR FPB-57 baru dipasangi rudal anti kapal C-802, setelah diluncurkan versi FPB-57 NAV-V. Seperti halnya C-802, rudal C-705 juga dibuat di Cina oleh pabrik China Aerospace Science and Industry Corporation (CASIC). C-705 merupakan keluarga seri rudal C-70X, rudal ini merupakan pengembangan dari rudal C-704.

Rudal C-704

Sosok rudal ini masih terbilang baru, pertama kali dimunculkan ke publik pada ajang Zhuhai Airshow ke-7 tahun 2008. Dibanding generasi sebelumnya, C-705 hadir dengan beberapa peningkatan, seperti pada elemen mesin, hulu ledak, dan sistem pemandu. Hingga kini, sumber informasi tentang spesifikasi teknis pada rudal ini masih terbatas, yang jelas C-705 dirancang sebagai rudal yang menawarkan efisien si dalam operasionalnya. Secara umum bisa dikatakan spesifikasinya berada diatas C-704, tapi masih dibawah C-802.

Tampilan buritan KRI Clurit, tampak 2 unit tabung peluncur C-705

C-705 mempunyai jangkauan tembak antara 75-80 Km tanpa roket booster, sedangkan bila ditambahkan roket booster jangkauan bisa terdongkrak hingga 170 Km. Dilihat dari jangkauannya, C-705 bisa disebut pula sebagai rudal lintas cakrawala (over the horizon). Untuk urusan kecepatan, meski tak diketahui persis informasi kecepatan luncurnya, banyak disebutkan C-705 masuk dalam kategori rudal high sub sonic. Tentang bobot rudal juga tak ada keterangan pasti, tapi bobot hulu ledak rudal ini mencapai 110 Kg HVDT-H high explosive, lebih ringan ketimbang hulu ledak C-802, yang 165 Kg High Explosive.

C-705 dilengkapi beragam sistem pemandu

Dengan jangkauan 75 Km, C-705 masuk dalam kategori rudal jelajah anti kapal

Dengan bobot hulu ledak 110 Kg, C-705 dipersiapkan untuk mengkandaskan kapal perang lawan yang berbobot hingga 1.500 ton.Daya hancur yang dihasilkannya bisa mencapai 95,7%, ideal untuk menenggelamkan kapal. Konfigurasi rudal pun di-setting pas untuk dipasangkan pada platform kapal patroli dengan bobot antara 50 – 500 ton. KRI Clurit sendiri memiliki bobot 250 ton, pada KRI Clurit terlihat hanya membawa 2 unit C-705 dalam sekali berlayar.

Sebagaimana rudal anti kapal modern, C-705 mempunyai kemampuan sea skimming, yakni terbang rendah diatas permukaan laut, untuk C-705 batas terbawah mampu terbang 12,5 meter dari atas permukaan laut. Dengan terbang rendah, menjadikan sosok rudal ini sulit terdeteksi oleh radar. Untuk urusan pemandu, lagi-lagi tak ada informasi yang spesifik, tapi beberapa literatur menyebut C-705 mengkombinasikan sistem pemandu dari radar, infrared, GPS (Global Positioning Systems), GLONASS (Global Navigation Satellite Systes), dan TV.

Menurut pendapat penulis, C-705 sangat pas untuk diterapkan pada beberapa kapal patroli TNI AL yang kini belum dilengkapi rudal anti kapal, seperti pada jajaran FPB-57. Lainnya seperti kapal cepat TNI AL yang baru diterima secara hibah dari Brunei Darussalam, yakni KRI Badau (642) dan KRI Salawaku (643). Kedua kapal cepat tersebut sejatinya masuk kategori KCR, tapi sayang dalam paket hibahnya, tidak disertakan rudal MM-38 Exocet. Dilihat dari jenis dan ukuran, antara KRI Badau dan KRI Clurit tak beda jauh.

Jangkauan C-705 dapat ditingkatkan dengan roket booster

Embrio Rudal Anti Kapal Nasional?
Hingga kini Indonesia belum berhasil menciptakan rudal anti kapal buatan dalam negeri. Hal ini didasarkan atas ajakan Jenderal Guo Boxiong, Wakil Ketua Komisi Militer Tiongkok, dalam kunjungannya ke Jakarta (21/5/2011). Boxiong menawarkan kerjasama pembuatan rudal C-705, mengingat sebelumnya TNI AL sudah menggunakan rudal buatan Cina, C-802.

Ajakan tersebut lalu ditanggapi oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, menteri mengatakan, “kita menawarkan adanya joint production peralatan senjata, salah satunya membuat rudal bersama. Mereka mempunya teknologi yang luar biasa, kita berharap bisa belajar dan berbagi pengalaman.” Apakah niatan tersebut akan terealisasi? Mari kita tunggu perkembangan selanjutnya. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Spesifikasi C-705

Negara pembuat : Cina
Bobot rudal :
Diameter :
Hulu ledak : 110 Kg HVDT-H high explosive
Mesin : motor roket
Propellant : solid fuel
Kecepatan : High sub sonic
Jangakauan : 75 – 80 Km
Pemandu : Radar/TV/Infrared
Platform peluncuran : truck, kapal perang, dan pesawat tempur.

28 responses to “C-705 : Rudal Pamungkas Andalan Kapal Cepat TNI AL

  1. soekarnoismLEFT

    kagak usah pake lama trima aja ajakan tiongkok untuk produksi masal C-705 dan C-802 tp dealnya hrs jelas jangan sampe indo dikadalin lagi kek waktu ngebeli TD-2000 ama AK-2000 :( , belakangan ini industri alutsista tiongkok dah lumayan kok ada J-10A,J-10B (prorotipe),J-20 (prototipe),JF-17 untuk multi role fighter kalo MBT ada ZTZ-99 trus ampbihious SPG ada ZTD-05,amphibious IFV ada ZBD-05 dan untuk SPH ada PTL-02

    Suka

    • yoi kita buat militer Indonesia kembali kuat seperti tahun 60’an, yang saat itu punya KRI IRIAN……sehingga Belandapun saat itu takut

      Suka

      • soekarnoismLEFT

        moga2x TNI kita bs balik lagi kek taon 60′ an gan jangan 100% dah 75% ajah udah top markotop…tapi yaitu “WANI PIRO” :) duit dan keinginan dr pemerintah untuk serius membenahi alutsista TNI yg udah pada “ketinggalan jaman” patut dipertanyakan…yang sudah2x “maju mundur” molo kalaupun terealisasi pasti ada korupsi (contoh kasus pembelian pesawat LIFT HAWK,IFV scorpion,parchim dll) di dalam pengadaannya…pembelian senjata dari luar negeri utk saat ini masih perlu untuk mengejar kwantitas+kwalitas alutsista namun kedepannya dikurangi secara perlahan..dan TNI memenuhi kebutuhannya dari produsen lokal

        Suka

  2. DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL MENDUKUNG PENUH AGAR SAUDARAKU MENHAN,PANGLIMA SERTA JAJARAN MABES TNI,MENKEU,LIPI,BPPT,LAPAN,MENRISTEK,maupun KETUA FRAKSI PAN DPR RI…MEMBUKA LEBIH BANYAK PENGEMBANGAN KCR(ALL VARIAN),PENGEMBANGAN RUDAL JOINT VENTURE DENGAN CHINA,RUSIA PENGEMBANGAN RUDAL S.300,S.400.TUK KITA TEMPATKAN DI WIL.INDONESIA TIMUR YAITU SKANUD KUPANG,TARAKAN MENJADI 5 BATERAI DETA.RUDAL ARHANUD BS.TUK RENSTRA 2012-2025.

    Suka

  3. DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL MENDUKUNG PENUH AGAR TAHUN ANGGARAN INI,KESEJAHTERAAN TNI DIMULAI DARI TAMTAMA,BINTARA,PURNAWIRAWAN TNI,PARA VETERAN SERTA WARAKAURI DINAIKAN GAJI+KESEJAHTERAANNYA MENJADI 25%,MELALUI APBN TAHUN 2012,…SAUDARAKU MENHAN,PANGLIMA,SERTA SAUDARAKU PIMP.F.PAN DPR.RI.BERIKANLAH KEMUDAHAN AGAR MEREKA DAPAT MEMILIKI PERUMAHAN KPR BTN.TERUTAMA PARA VETERAN KEMERDEKAAN,DAN JANGAN PERSULIT KEHIDUPAN MEREKA.TRIMS.SUARA KAMI DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL.

    Suka

  4. DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL MENYARANKAN AGAR SAUDARAKU KAPOLRI BAPAK TIMUR PRADOPO AGAR MENAMBAHKAN JENIS KAPAL PATROLI POLAIR DENGAN JENIS FPB NAV.V ATAU FPB KELAS SIGMA,KCR YANG MENGIKUTI PERKEMBANGAN ALUTSISTA LAUT PERAIRAN.MEMILIKI RADAR SAMPAI JANGKAUAN lebih dari 200km.DENGAN CATATAN SEMUA ANGGARAN PEMENUHAN ALUTS.INI DAPAT KITA PENUHI,ASALKAN TIDAK DIKORUPSI,DAN BURONAN KORUPTOR DAPAT DITANGKAP DIADILI DAN DIVONIS TEMBAK MATI.RAKYAT PASTI SETUJU ITU…

    Suka

  5. kapal cepat dan persenjataannya (rudal atau torpedo) memang paling pas untuk mengawal perairan indonesia karena bisa diproduksi cepat dan murah,pendeknya jalur suplay logistik antar pulau dan kecepatan reaksi tempur.lagipula menjaga kepulauan kita aja kerepotan mana sempat lagi mau gagah gagahan bikin blue water navy.bikin aja kapal cepat yg banyak dan tiru taktik wofpack KS nazi yg bikin meriang battleship2 inggris dan AS.serbuan keroyokan efektif buat ngancurin mental ABK yg cm ngandelin baja kapal.

    Suka

  6. cahyono suyatno

    Mendingan Gan daripada lisensi C705 atawa C 802 sekalian Rudal Anti Kapal Yakhont yang nyata-nyata mampu melibas sytem AEGIS andalah kapal perang Bule, menurut pengamat persenjataan sampe saat ini blm ada sytem senjata yang mampu menangkis serangan rudal anti kapal Yakhont.

    Suka

  7. lagi lagi balik ke masalah dana lisensi kawan cahyono.jelas kalo yakhont banyak yg hrs di byr ke rusia karena rudalnya dah advance dan teknologinya orisinal.belum produksinya jg hrs memenuhi kuota tertentu yg bikin ongkos produksinya bengkak.kalo sm bangsa mao ze dong kan biayanya murah karena teknologinya jiplak. dah gt bs di keteng kyk rokok samsu (sori ya brat sukarnoism left tak pinjem komentarnya).cari yg paling cepat ajalah soalnya kebutuhan dah mendesak.kalo kita mampu lebih apa salahnya

    Suka

    • terorisKAMPRET

      ane denger brahmoss (yakhont KW tuan takur) sendiri agak mandek tuh progres produksinya….so tiongkok tlah berhasil mereverse engineering beberapa barang papa bear(kwalitasnya ane kgk tau dah) contoh kek mid range SAM HQ-9 dan HQ-18,mending ToT ama tiongkok ajah tp ya itu harus HATI2x

      Suka

  8. smua ada resiko.lisensi SS1 dari FN jg ada kelemahan tp seiring waktu diperbaiki.yg penting alih teknologinya kita kuasai seperti N250 berhasil kita buat setelah menguasai teknologi Cassa.jg KRI Clurit setelah kita menguasai teknologi Lurssen.kita bangsa cerdas kok sebanding dgn bangsa polandia dlm teknik rekayasa.

    Suka

    • terorisKAMPRET

      sorry kameraden…polandia terkenal payah untuk alutsita (PT-91 MBT ring a bell?),mending jertim atau ceko dah..banyak faktor yg membuat BUMNIS megap2x salah satunya inifisiensi,kacaunya manajemen,kesulitan bahan baku juga mesin pendukung,lha kita buat pesawat mesinnya ajah masih dr cassa kok..mangkanya pelan2x reverse engineering lah tp modal R&D nya hrs kuat

      Suka

  9. memang benar kamerad mesin N250 buatan Allison (lebih parah lagi kan?ternyata kita masih bergantung sm paman sam!) seperti juga anoa yg mesinnya buatan renault perancis.tp konten lokalnya sudah lebih dari 70%.artinya kalo kita diembargo kita hanya butuh alternatif 30% dan bukan 100%.suatu hari nanti kita gak cuma reverse engginering tapi menciptakan sesuatu yg bener2 baru.bangsa Polandia adl.bangsa pemikir dan seni dan bukan bangsa petarung.tp semangat mereka untuk buat senjata sendiri hrs diacungi jempol meskipun masih banyak kekurangan karena mreka dikelilingi bangsa tiranik seperti jerman,rusia dan austria.heli polisi kita buatan polandia karena lebih murah dan sesuai kebutuhan daripada jiplakan bell iptn (suatu tamparan manajemen buat iptn).PT91? knapa enggak?hal spt ini yg hrs kita beri appreciate dan bukannya diremehkan

    Suka

    • terorisKAMPRET

      heli polandia sokol malah kgk kepake disini tuh, PT-91 lebih payah dibanding T-72 KW produk mantan “blok timur” yg laen kok…lha AD polandia ajah mo “pensiunin” tuh barang dan beli LEO 2 ex jerman :P

      Suka

  10. he he he…..daripada gak ada gan.malah itu kesempatan dapet lungsuran murah (kan hobi indonesia mulung alutsista kyk BMP2 ukraina atawa LVTP7).lagian kalo bener mereka ambil leopard pasti karena tekanan uni eropa yg pengen commonality alutsista di kontinen eropa pasca rubuhnya papa bear sbg salah satu syarat bergabungnya polandia dlm uni eropa bkn karena leo lebih bgs (bukan rahasia lagi kalo jerman pengen jd millitary leader ngegantiin dominasi AS di eropa yg terlihat dr hampir meratanya pemakaian G36 di eropa).atau tempel aja rusia trs.ntar lg jg terpengaruh demam uni eropa trs dilelang deh alutsistanya.maklum politikusnya skrg kapitalis birokrat smua

    Suka

    • terorisKAMPRET

      koreksi gan, marinir pake BVP-2 buatan ceko bukan BMP-2 dr ukraina…populasinya lumayan ada 40an biji! ada ATGM juga AT-5 kl kgk salah,btw kl commonality knpa itali msh pake MBT lokal mereka ariete?..yg jelas spek PT-91 kalah jauh ama LEO-2 kl enggak salah ane pernah liat di youtube komparasinya….setelah meneer belanda mo cuci gudang ane denger austria juga mo ngelego LEO-2A4 mereka tuh,hrs cekatan dan gesit melihat peluang neeh pa’ menhan…kalo soal HIBAH indo is number one dah :) mental JEMA’AH HIBABIYAH semua seeh :P

      Suka

  11. italy nilai tawarnya di jauh di atas polska gan.italy adl.kekutan ekonomi no.4 di eropa.perancis jg tetep pake lecrec karena selain (katanya) lecrec lebih canggih,perancis scr militer jg lebih besar dari jerman.tp memang kalo bicara alutsista made in jerman jgn bicara kuantitas.jerman itu raja panzer sejak dulu.hanya saja belum battle proven krn gak ada kesempatan.leo dan abrams adl.saudara kembar karena lahir dr proyek bersama tahun 60an.yg jd pertanyaan kalo abrams di buat kewalahan oleh gerilyawan irak dan afgan yg cm berbekal IED dan rpg (ini infantry liar loh.bkn tentara reguler),apa korelasinya jg sama dgn leo?

    Suka

    • RevolutionJustBegun

      maap mo komen dikit… setau ane ABRAMS belom pernah rusak permanen walau kena IED tuh paling2x krunya rada2x budek ama keseleo atau rantenya ajah copot…kecuali di gang bang rocket propelled/ATGM kek RPG-29/30 atau metis-m baru mungkin,kalo bradley dan stryker emang rata ancur parah..apalagi kalo kena bom mobil(shape charge+shrapnel+liquid gas)

      Suka

  12. emang gak rusak permanen sm IED tp dirusak permanen sm awaknya sendiri karena drpd teknologinya jth ketangan musuh dan gak mungkin ditarik ke bengkel,akhirnya diledakan sendiri sm awaknya.tp saking kokohnya masih gak ancur juga.kepaksa deh dimakan sm abrams laen.apa messagenya?kokoh sih tp buat apa melihara bunker?militer masa depan adalah militer yg selalu bergerak dinamis dan mandiri.itulah kenapa jerman mengembangkan infanterie de zunkuft dan perancis mengembangkan FELIN dmana keduanya adalah konsep tentara masa depan yg peralatan dan senjatanyanya terintegrasi sistem komputer digital yg menjawab smua masalah militer scr.untuk prajurit scr personal.dmasa depan konsep MBT sudah kuno

    Suka

  13. Sedikit komentar tentang produksi Yakhont, Russia itu bukan negara yang mudah memberikan ilmu dan riset yang memang mahal, gak liat India yang sudah membeli 1000 T-90 tapi nasib nya masih belum jelas padahal India berharap alih tekhnologi

    Suka

  14. tni mau beli mbt dpr pada ribut padahal dpr mau bikin toilet sama renovasi ruang banggar aja abis puluhan miliar….ironis

    Suka

  15. ayo nuklir sekalian..

    Suka

  16. itu rudal canggih versi indon, tp itu rudal expied/sudah kadaluarsa kalau dibanding dgn kemajuan teknologi rudal skrg.
    slama masih terus membeli dan tidak bisa mnguasai teknologi rudal, maka indon hnya mndapat rudal expiet. krn negara sipenjual tdk akan menjual yg trcanggih demi keamanan negaranya (rahasia teknologi). contoh : rusia hny menjual S-200 sdangkan S300 dan S400 tidak dijual. bagusnya indon kembangkan alusita madein indon, jangan terus brhayal akan masa lalu yg kuat. lalu tu bagian sejarah

    Suka

  17. kita bidik musuh dgn jangkauan 300 km rudal yankhot,
    musuh bisa membidik kita dlm jangkauan 1000 km,
    seperti perang libya, musuh gak keliatan dimana tempatnya, kapal induk gak tau dimana letaknya, tapi tiba-tiba rudal tomehawk dah jatuh ke istana khadafi.
    jangan sampai malaysia duluan membidik tembak, seperti ibarat pesawat tempur, punya misil anti pesawat jangkauan tembak 30 km, sdangkan pesawat musuh terbang diatas ketinggian 40 km, sama aja gak nyampek. itu lah yg aqu maksud expied.

    Suka

  18. zaman smakin maju, teknologi smakin canggih.
    senapan biasa dah dianggap senjata kuno oleh negara maju.
    sekarang jamanya model perang dgn rudal, tekan tombol hancur deh kota-kota.
    tarok rudal di batam, arahkan ke malaisia, knok tombol rudal di istana presiden, terus knok ditekan…. rudal meluncur… pakek sistem satelit terus tepat jatuh dimana yg diinginkkan.
    makanya negara skrg berlomba2 buat rudal jarak jauh 15.000 km (rudal antar benua),
    orang dah bisa naik bulan, kita asyik bangga dgn rudal yankhot

    Suka

  19. Beli, dapat transfer teknologi, kuasai teknologinya dan kembangkan…. Hebat sekali yg dilakukan pemerintah saat ini, realistis dengan kondisi negara (Keuangan & SDM)…

    Suka

  20. Dewan Pimpinan Ranting “PARTAI AMANAT NASIONAL” Pondok Karya PONDOK AREN TANGSEL BANTEN mendukung TNI.AL maupun TNI.AU menambahkan kekuatan tempur ARHANUDSE-nya dengan rudal BRAHMOS,rudal S.300,rudal S.400-nya rusia.Agar benar-benar kita jaga KEDAULATAN UDARA-LAUT kita dari BLACKFLIGHT,ILLEGAL FISHING asing,kalau perlu buru-sergap-hancurkan.Ingat,pahlawan kita mendirikan NKRI sesuai apa yang di-amanatkan UUD’45.KERJA KERAS-KERJA CERDAS-KERJA IKHLAS kita bangun kedaulatan udara-laut kita.KADER PAN support

    Suka

  21. Kami DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL BANTEN juga berharap HUT TNI-POLRI di tahun 2012 ini dapat membuka PROGRAM PEMBANGUNAN NASIONAL yaitu TNI-POLRI MEMBANGUN DESA-PULAU TERPENCIL-TERLUAR DI KAWASAN NKRI.konsep utamanya cuma satu MENCIPTAKAN KERJA SAMA TNI-POLRI BERSAMA RAKYAT.kementrian kehutanan sedang menumbuhkan 1000tanaman pohon,bisa juga diajak kerja sama-yaitu mereboisasikan hutan,menanam hutan mangrove pantai,menanam pohon produktif tuk rakyat,lahan kosong kita tanam dengan 1000pohon.

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s