AMX-13 : Tank Tempur Utama TNI-AD

AMX-13 Kavaleri Kostrad dalam kamuflase dedaunan

AMX-13 Kavaleri Kostrad dalam kamuflase dedaunan

Sepanjang sejarah, TNI-AD memang belum permah memiliki satuan tank sekelas MBT (main battle tank), atau disebut juga tank kelas berat, seperti tipe M1 Abrams, Leoprad atau Merkava yang kondang di beragam medan tempur. Tapi jangan berkecil hati, walau tak punya MBT, angkatan darat kita punya tank utama, yakni AMX-13 buatan Perancis. Meski dari segi usia tank ini sudah sepuh, karena dibuat antara tahun 50 – 60an, AMX-13 masih eksis digunakan satuan kavaleri TNI-AD sampai saat ini. Disebut tank utama karena jumlah AMX-13 cukup banyak, inilah tipe tank terbanyak yang dimiliki TNI-AD, menurut situs wikipedia TNI-AD mempunyai 275 unit AMX-13 versi kanon.

AMX-13 dilengkapi machine gun FN MAG 7,62 mm pada sisi kubah komandan

AMX-13 dilengkapi FN MAG 7,62 mm pada sisi kubah komandan

AMX-13 TNI-AD tampak samping, kelemahan terletak pada kanon yang maksimum hanya memiliki sudut elevasi 45 derajat

AMX-13 TNI-AD tampak samping, kelemahan terletak pada kanon yang maksimum hanya memiliki sudut elevasi 45 derajat

Ada banyak ragam varian AMX-13, sebut saja mulai dari versi kanon dengan beragam kaliber, versi angkut personel, versi artileri, versi tank jembatan dan versi anti serangan udara. TNI-AD diketahui memiliki tiga tipe, yakni versi kanon, versi angkut personel dan versi artileri 105 mm. Dalam artikel ini, kita fokus dahulu pada versi kanon. Tipe ini bisa dibilang menjadi ikon kavaleri TNI-AD lebih dari tiga dasawarsa, karena saking tuanya beberapa ada yang sudah menjadi monumen di beberapa museum. Tapi yang masih aktif operasional telah dilakukan program retrofit, seperti mengganti mesin dari tipe bensin ke diesel dan penggantian sistem suspensi agar lebih nyaman digunakan. Dengan upgrade ke mesin diesel, konsumsi bahan bakar bisa ditekan dan jarak tempuh bisa ditingkatkan.

AMX-13 Retrofit TNI-AD
AMX-13 yang kini dioperasikan TNI-AD telah mengalami program retrofit di Direktorat Peralatan Bengkel Pusat Peralatan TNI-AD pada tahun 1995. Retrofit AMX-13 mencakup pemasangan mesin Detroit Diesel DDA GM6V-53 T, 6 silinder 2 langkah turbocharged dengan daya 290 BHP/2800 RPM dan Torsi 91,67 KGM/1600 RPM yang mampu meningkatkan power weight ratio dan pemakaian bahan bakar lebih hemat. AMX-13 menggunakan transmisi otomatis ZF 5WG-180 dengan 5 percepatan maju dan 2 percepatan mundur, hal ini tentu lebih memudahkan pengoperasian tank. Untuk suspensi mengadopsi tipe hydropnematic “Dunlostrut”, meningkatkan kemampuan lintas medan dan mampu menambah kenyamanan awak tank.

AMX-13 AD Perancis dengan rudal anti tank Steyr

AMX-13 AD Perancis dengan rudal anti tank Steyr

Ketimbang tank tempur modern TNI-AD saat ini, seperti Scorpion buatan Alvis – Inggris. AMX-13 lebih punya pengalaman tempur luas. Kiprah AMX-13 paling mencolok saat perang Arab –Israel, dimana tank ini menjadi alutsista AD Israel di saat itu (periode tahun 60 – 70an). Lalu AMX-13 ikut juga dalam perang India – Pakistan dan terakhir turut ikut dalam kancah perang Malvinas. Jasa AMX-13 juga ada dalam operasi di Tanah Air, contoh yang paling nyata keterlibatan aksi AMX-13 dalam operasi Seroja di Timor Timur. AMX-13 mulai berdatangan pada tahun 1962 dalam rangka misi operasi Trikora.

AMX-13 menjadi monumen di markas Kostrad

AMX-13 menjadi monumen di markas Kostrad

Dari segi rancangan dan bobotnya, AMX-13 termasuk dalam kelas tank ringan yang desain nya mulai dilakukan pada tahun 1946. AMX-13 sendiri sudah diproduksi dalam jumlah total 7700 unit selama periode tahun 1952 – 1987. Beberapa negara pengguna AMX-13 sampai saat ini terus menggunakan tank lawas ini, tentu dengan beragam peningkatan kemampuan persenjataan dan performa. Di ASEAN, Singapura juga mempunyai armada tank ini, tapi sayang jumlah AMX-13 Singapura jauh lebih banyak, ketimbang milik Indonesia, yakni 350 unit. (Haryo Adjie Nogo Seno).

Tampilan 3 dimensi AMX-13

Tampilan 3 dimensi AMX-13

amx13-2

Spesifikasi AMX-13
Tipe : tank ringan
Produsen : Atelier de Construction d’Issy-les-Moulineaux
Berat kosong : 13.7 ton
Berat tempur : 14.5 ton
Panjang : 6.35 meter
Lebar : 2.51 meter
Tinggi : 2.35 meter
Awak : 3 orang (komandan, penembak dan pengemudi)

Senjata
Kanon : 75 mm / 90 mm / 105 mm – 75 mm dengan 32 amunisi.
Senapan mesin : kaliber 7,62 mm dengan 3600 peluru
Mesin : SOFAM Model 8Gxb 8-cyl. water-cooled petrol
250 hp (190 kW) – kini sudah dilakukan upgrade dengan mesin diesel buatan Detroit.
Suspensi : torsi bar
Jarak tempuh : 400 km
Kecepatan : 60 km per jam

Tentang iklan-iklan ini

68 responses to “AMX-13 : Tank Tempur Utama TNI-AD

  1. Napa PINDAD belom bisa buat tank sendiri yach…???? Kan bisa dengan tank yang ada di buat bahan penelitian dan tinjauan mana kekurangan dan pelu di revisi..

    Suka

  2. iya ya,padahal klo kita bisa buat,pasti ada bangsa laen yang ngelirik n pesen,terbukti dengan adanya panser ANOA.kita kan bisa buat prototype-nya dulu dan di ajukan ke miiiter/menhan pasti setuju,apalagi kita kan sudah di dukung krakatausteel,kami yakin kalau berusaha dan ada dukungan pasti bisa,jaman jadul aja tahun 1940-an jerman sudah bisa bikin tiger tank dengan plat baja 10 cm…padahal semua masih terbatas.

    Suka

    • I love Indonesia

      di berita harian malaysia,anoa dianggap bagus dan murah,dan tak kalah kualitas,pantas saja Malaysia llebih memilih anoa dari yang lain,dan kontrak 32 unit

      Suka

  3. ehm sepertinya indonesia harus bisa tuch ngembangkan tank sendiri…. jadi walaupun udara sama laut kalah setidaknya didarat pasukan kita masih bisa ngontrol….hidup TNI

    Suka

  4. hidup TNI-AD Indonesia
    ayo jgn mau klah dgn ngra laen . .

    Suka

  5. wikan pduli hankam

    lhah klo faktany dana pun ada. tp gmana mw nglakuin riset. . lha wong korupsi aj msh bbasny spt it. .akhrnya koruptor lari kesingapura. .gak heran singapura kaya. .

    jangan harap ada negara, kalau ada korupsi.

    Suka

  6. jangan berkecil hati kawan-kawan mungkin 2atau 3 thn –
    lagi indonesia bakal bisa bikin yang lebih canggih –
    lagi dari yg sudah ada didunia bahkan indonesia bisa
    bikin pesawat tempur sendiri [ SEMOGA ]amin…..

    Suka

  7. harusnya Indonesia beli 10.000 Tank T-90 atau T-72 pasti negara tetangga tidak melecehkan Indonesia. Jayalah Indonesia

    Suka

  8. kalopun indoesia punya tank kelas berat semacamT-90 ato M1 abrams n pny dana besar untuk membeliny,toh ntar buat ap?
    kondisi geografis kita n terutama kontur tanah Qt yg lembek ga cocok buat tank2 tsb,bs2 d pake bua latian ajja uda trbenam dlu dpersawahan aplg kalo perang,Qt perlu mengingat wkt AS klh d perang vietnam dlu,bnyk tank2 mreka yg trmakan ganasny alam vietnam n ujung2ny jd sasaran empuk granat2 tangan tntara vietnam,ga elit bgt kan tank klas berat d makan ma granat tangan doank,hehehehehe
    jd yg realistis dah bwt NKRI trcinta Qt toh pake tank klas rngan jg bnyk keuntungannya,tul ga………^^v

    Suka

  9. indonesia dari dulu sudah lihai bikin tank. tetanggaku biasa bikin dengan jenis septic tank. handal juga kok..udah 30 tahun dibuat, mpe sekarang masih bisa dipakai….
    hehee just kidding…..

    Suka

  10. Menurut gw..jenis tank yang ringan memang paling cocok dengan kondisi alam indonesia…ngga harus PT91 kayak malaysia ato M1abrams. Soalnya untuk kondisi tanah indonesia yang sedikit gembur malah bisa2 jenis tank yang berat2 jadi bulan-bulanan ama senjata anti tank…..

    Suka

  11. Klo tank berat ngak akan bisa dipake di indonesia, perbaiki dulu tuh APC, jngan bru keluar pabrik udah patah casis, malu donk

    Suka

  12. Ping-balik: thank tempur utama TNI-AD « Fururz's Blog

  13. tenno gustitomo

    saya berharap kavaleri TNI-AD dibelikan tank baru yg sesuai jaman, agar anak2 tidak gaptek

    Suka

  14. Kalo yg ini mah udah uzur, ganti donk ama yg baru, AMX-56 TUH BARU TAJIR. BEST TANK IN THE WORLD.

    Suka

  15. ayo INDONESIA kta berjuang mengikuti perkembangan jaman tarutama kekuatan RI .

    Suka

  16. These AMX 13 tanks are still reliable to used against invading Malaysian forces, especially its canon that can launch high calibre projectiles.

    Suka

  17. Kang, bisakah kita mencoba buat 1 saja prototip tank sekelas IS-2 atau IS-3?

    Suka

  18. Menurut saya pribadi,
    TNI sama sekali tidak butuh MBT. kenapa?
    1. kontur tanah yang tidak rata akan menyulitkan gerak MBT yang bodynya bongsor.
    2. jenis tanah di indonesia dan rata2 negara asia tenggara yang sangat lunak. bisa2 begitu masuk kampung, MBT yang beratnya segitu ambles ke dalam tanah.
    3. jalanan yang sempit dan padat dengan bangunan terutama untuk urban war alias perang kota. MBT tidak akan mampu bergerak sebebas tank ringan.
    4. Apalagi untuk perang di daerah perkampungan atau hutan, apa yang bisa dilakukan oleh MBT?

    MBT hanya cocok untuk daerah timur tengah yang kontur tanahnya rata dan tanahnya tandus. Indonesia hanya butuh tank ringan dalam jumlah banyak dan pasukan anti tank dengan RPG atau roket/rudal anti tank.
    Apabila MBT musuh masuk wilayah NKRI, mereka hanya akan jadi bulan2an tank ringan dan RPG atau roket anti tank.
    Saran saya, Indonesia beli/buat tank ringan yang murah tapi lincah dalam jumlah banyak dan membentuk pasukan kontra kavaleri. itu saja saya rasa cukup.

    Suka

    • sapa bilang kita ga butuh MBT??? MBT macam M1A2 abram, T80/90, merkava mkIV, Leopard 2 atau chalenger 2 berbobot 50-60 ton, kontur tanah di indonesia mampu untuk dilewati tank sekelas itu. saya kerja di pertambangan batu bara di kalimantan, alat2 berat yg dipakai berbobot 150-600 ton!! ga ada masalah ambles tuh! alasan pemerintah ga beli MBT karena MAHAL (abram cost 6,2 USD)!!
      kavelri kita butuh MBT krn daya tembak yg besar, ga seperti light tank ato APC..

      Suka

      • Thejacksilent

        kalo di pertambngan kan jalan yg di lewati itu2 saja,jadinya tanah bisa rata & padat,,,,,,,,,kalau tank mobilitasnya tinggi & harus siap di berbagai jenis medan…kadang2 tank tidak mengikuti jalan yg ada & sering membuka jalur jalannya sendiri….

        Suka

      • Setuju banget. Lok orang yg bilang TNI gak butuh MBT tuh cuma yg gak tau TSM aja. Yg jelas knapa kita blm beli MBT krn anggaran yg blm mungkin. Tapi tahun 2012 TNI dapat alokasi 64,4 T. Yg 3,2 T untuk belanja T-90 sdh dpt untuk 2 batalyon kavaleri TNI-AD

        Suka

    • Yang paling butuh MBT tuh Polantas dan sangat mendesak makanya anggaran tahun 2012 Polri dapat anggaran 42,4 T. Peran MBT untuk lebih memperkuat Satpolantas dalam melakukan ‘moment’ kendaraan bermotor dan mendukung suksesnya program ‘light on'”

      Suka

  19. indonesia sudah pernah menjadi macannya asia karena peralatan perangnya yg wah. pengalaman yg sudah banyk itu seharusnya menjadi bahan referensi dlm menciptakan ALUTSISTA yg canggih dan modern jgan hy ngarepin import

    Suka

  20. Ping-balik: 2010 in review « The Indo Militer

  21. Sebenarnya Kalo mazalah Tank Kita Udah Ketingglan Zaman Banget Sich,Soal’Y Singapore Aja udah Pake Leopard Buatan jerman Dan Dalam Negeri’y. mending Kalo Mau Buatan Aja Skalian Unmanned Weapon(yg Bakalan Jd Andalan Baru Angkatan Perang diseluruh Dunia dalam perang efisien

    Suka

  22. cuma amx-13… wah, wah, kecil banget y tank negara kita in…

    Suka

  23. Gustaf Adhi Prakasa

    Klw mau bikin tank kan gampang di dlm negeri sdh banyak perusahaan pemasok traktor tinggal pilih aja, klw soal teknologi ngak usah kuatir kita pake teknologi mandiri aja kan ada PT Pindad didukung industri yg lain oke bravo Kav TNI AD

    Suka

  24. repot2 amat sih ngurusin tank… ga perlu dibahas panjang lebar,emang mau nampang ma negara2 lain pake tank?, yang penting itu tank bisa manfaat. rakyat makmur, tentram, damai…

    Gitu aja ko repot…..

    Suka

  25. indonesiakan jagonya modifikasi,npa gk seperti bull dozer atau excavator seri terbaru yg memiliki tecnologi super canggih di modifikasi buat alat2 tempur???lbh miring harganya ketimbang 1 unit motor tank,tinggal ganti attacemen,dengan kaliber2 tempur,,,siap melindungi NKRI jngan hanya di pakai gusur

    Suka

  26. alllllaaaahhh…….kalah jauh sama tank luan negriii

    Suka

  27. inget tuan!orang luar negeri (belanda,inggris bahkan jepang yg ngajarin bikin) pernah ditusuk bambu runcing buatan orang indonesia dan sampe sekarangpun ane yakin mereka pilih dibunuh pake peluru ketimbang ditusuk ama gituan lg,apelagi yg belon dibersihin buluh2nya (gatel bo!)situ aja makan tidur berak gratis di negeri ini gak byr pajak pke ngremehin dalem negeri.boro2 nyumbang….jauh….

    Suka

  28. harusnya indonesia punya tank brtenaga nuklir

    Suka

    • pernahkah anda berpikir apabila tank tersebut sedang head to head dengan tank lain dan tank tersebut mrngalami kekalahan. efek yang terjadi apabila reaktor hancur akan seperti di fukushima jepang

      @all menurut saya memang seharusnya negeri sebesar ini mempunyai MBT. tidak ada alasan karena tanah yang gembur! coba kita lihat tetangga kita malaysia atau singapura yang punya tanah 100% sama dengan indonesia, mereka sudah mempunyai MBT! dan ATGM maupun RPG juga akan USELESS dengan berkembangya mekanisme Thropy dan Shorta yang mampu membunuh ATGM maupun RPG sebelum menyentuh tank

      Suka

  29. ah itu kan cuma janji pabrik aja sobat.merkava israel jadi bulan bulanan rpg dan insurgency explosive device (IED=bom rakitan) gerilyawan hisbullah di lebanon.abrams AS rontok rantainya di hajar IED militan di irak.MBT itu berat,lamban dan cuma ngandelin baja tebel doang.sia2 untuk tentara dinamis di medan hutan berbukit seperti asia.militer singapura dan malaysia itu bodoh termakan propaganda AS dan eropa megenai konsep MBT.kulit putih itu ngeri mengingat tak berdayanya tank sherman di hutan papua nugini saat melawan jepang (padahal itu mdium tank).mereka jg ingat mandulnya MBT buldog di belantara vietnam.apatah lg merkava/abrams yg beratnya di atas 60 ton.paling cuma buat artileri statis aja yg gampang di sergap infanteri biasa yg cuma berbekal pisau komando!

    Suka

    • merkava yang jadi sitting duck RPG hisbullah itu umumnya Mk.1 dan 2, sedangkan untuk thropy sendiri dipasangkan pada Merkava mk.4. untuk IED mekanismenya sama seperti Mine/ranjau namun dengan ledakan yang sangat mematikan (bayangkan saja 4-5 shel howitzer 105mm digabung menjadi satu) pada umumnya ditanam di tanah bertolak belakang dengan sistem thropy yang hanya mencegat serangan dari atas tanah. coba saja cari di youtube tentang pengetesan sistem thropy yang amat sukses.

      Suka

  30. MBT memang menang kalau ketemu lawan sesama tank dan medan rata dan keras.tapi akan jadi bancakan apabila kejebak lumpur kebo yg banyak di asia.apalagi kalo klinong2 sendirian gak di temenin infanteri.sebentar aja dah di telen meriam/rudal anti tank.itulah kenapa fuhrer panzercommandant heinz guderian menciptakan konsep divisi panzergrenadier (infanteri tank yg menjadi kesatuan mekanis dgn tank untuk melindungi tank kawan dari musuh bukan tank).sukses kan dalam menggulung tank2 berat perancis dan inggris awal PD II padahal tank yg digunakn jerman cm pzkf AUS yg beratnya cm 15 ton? indonesia butuh tank ringan dalam jumlah besar dan dibentuk dalam satu divisi khusus tank dilengkapi dengan satuan infanteri pelindung.

    Suka

  31. thropy atau apalah namanya gak beguna karena jaman skrg yg marak adl.perang asimetris! jarang tank head to head di medan perang.tank sekarang cm jadi simbol banyak duit doang!malaysia geblek aja cm narok MBT mereka di atas trailer doang krena gak bs jalan di jalanan malaysia yg lembek.saat ini yg sedang di galakan adalah perlengkapan infanteri modern yg bs melibas semua tantangan termasuk tank.jerman infanterie zunkuft dan perancis dgn FELIN yg lebih murah dan efisien.kalo eropa aja dah emoh mengembangkan tank ngapain kita miara MBT.apalagi SDM kita lebih punya otak ketimbang tentara luar negeri.siapa tau bs bikin ranjau dari isi septik tank he he he

    Suka

  32. DPRt PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL MENGUSULKAN KEPADA SAUDARAKU MENHAN,SAUDARAKU PANGLIMA TNI…AGAR SATUAN KAVALERI TNI.AD DITAMBAHKAN 50 JENIS MBT.T.90,50 JENIS MBT.T.80U RUSIA,YANG BARU…SELAIN KITA RETRO AMX.13 YG TNI.AD MILIKI SEBANYAK 360 TANK.MUNGKIN JUGA SIAPA TAU PIHAK RUSIA AKAN MENGHIBAHKAN JENIS MBT LAINNYA,KITA BISA RETROFIT KEMAMPUAN TEMPURNYA.Semoga saja anggaran penambahan TANK MBT TNI.AD masih ada,BELUM DIKORUPSI…!,AMIN.

    Suka

  33. DPRt PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL juga berharap agar PT.PINDAD,bisa ditahun 2014 kuartal I pada tahun depan,YON.KAV.TNI.AD dapat menerima TANK MBT.PT.PINDAD yang memiliki canoon 125 mm RUSIA,jadi memiliki jangkauan tembak lebih baik dari AMX.13 yg TNI.AD miliki…Selain itu kita pun harus pnya ROKET ARMED, yang memadai,jarak tembak bisa mencapai 120km.syukur2 TNI dapat memiliki RUDAL S.300,RUDAL S.400,RUDAL BRAHMOS.INGAT AMANAT INI…JANGAN DIKORUPSI DANANYA…

    Suka

  34. DPRt PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL “kurang yakin” PADA TAHUN 2014 kuartal I,… alutsista TNI dapat dipenuhi SELAMA MASIH ADA MANUSIA YANG KURANG IMANNYA MELAKUKAN TINDAKAN KORUPSI DAN UANGNYA DIBAWA KABUR KELUAR NEGERI…?,tetapi,KENAPA TERORIS BEGITU INTENSIFNYA DIBURU DAN DITEMBAK MATI?,SEDANGKAN YANG KORUPSI DINEGERI INI DIBIARKAN KABUR?,KAPAN TUH EDY TANZIL DAPAT POLISI TANGKAP SERET KEPENGADILAN DAN VONIS TEMBAK MATI?…

    Suka

  35. Saudaraku,DPRt PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL mengusulkan ke Saudaraku Menhan,PANGLIMA TNI dan jajaran MABES TNI,Saudaraku MENKEU,PIMP.F.PAN DPR.RI. Agar kuartal l prioritaskan anggaran peningkatan GAJI&TUNJANGAN,PENGADAAN RUMAH(FASILITAS KREDIT KEPEMILIKAN RUMAH) BAGI PRAJURIT BERPANGKAT TAMTAMA,BINTARA,PURNAWIRAWAN,VETERAN SERTA WARAKAURI.Asalkan DANA ANGGARAN TSB TIDAK DIKORUPSI,DIMARK.UP,DSBNYA…PASTI ADA DANA TSB.

    Suka

  36. Saudaraku,DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL memandang bahwa RAKYAT-TNI adalah satu tubuh,…kenapa tidak di kembangkan PROGRAM HIJAU,yaitu TNI MASUK DESA.TNI SERTA POLRI DAPAT BERKERJA SAMA MEMBANGUN FASILITAS RUMAH SAKIT,SEKOLAH,RUMAH IBADAH,JEMBATAN,DSB.NYA DIDAERAH TERPENCIL/TERASING,PEDALAMAN,DAERAH PERBATASAN.bisa juga membangun di PULAU TERLUAR dinegara ini,…PENINGKATAN TARAF HIDUP RAKYAT PERLU DIFIKIRKAN LEBIH DALAM.

    Suka

  37. mm ntar gua buatin….. Tank Monster….. cetak birunya bru 30% ntar gua kirim ke PINDAD ……. hehehe

    Suka

  38. mm ntar gua kirim cetak birunya…… lg bikin Tank Monster…. dijamin amerika juga bakaln ciut liat Tank buatan gua….. cm syngnya kebentur waktu….. coz gua masih lemot main 3D-max nya….. ada yg udah lihay ga?

    Suka

  39. SELAMAT HARI ULANG TAHUN BANGSA,NEGARAKU,KE.66 DITAHUN 2011 INI,…DPRT PAN PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL TETAP KONSIST TERHADAP ALUTS.TNI,GAJI KESEJAHTERAANNYA,PERUMAHAN PRAJURIT,PURNAWIRAAWAN,PARA LEGIUN VETERAN KEMERDEKAAN.ASAL…TIDAK DIKORUPSI DIBAWA KABUR KELUAR NEGERI,TANGKAP ADILI DAN VONISLAH TEMBAK MATI BUAT PARA KORUPTOR AGAR RAKYAT PUAS…JANGAN KORUPSI UANG RAKYAT!!!…

    Suka

  40. BERJAYA LAH BANGSAKU INDONESIA………KENDARAAN TEMPUR SPT TANK, PESAWAT TERBANG DLL, SUDAH MENJADI INCARAAN BANGSA LAIN UTK MEREKA BELI. BUKTINYA BEBERAPA NEGARA BERMINAT MEMBELI KARYA ANAK BANGSA INI… YG PENTING JGN MENJADI BANGSA PEMALING DAN PEMALAS.

    Suka

  41. Kayanya buat tank M1 Abrahms gk cocok, kita cuma butuh tank kelas ringan tapi kita butuh yg banyak untk pertahanan,
    kalo ada tank kelas berat masuk wilayah RI, ya jelas jadi sasaran empuk pasukan Anti Tank, sama tank kelas ringan, karna kelas berat bakal langsung nyelem ketanah alias nyungsep, karna tekstur tanah RI yg gembur…
    Ingat moto prajurit TNI adalah, mempertahan kan negara, membela nusa bangsa.
    Bukan menyerang negara. Jadi buat Tank yg menguntungkan untuk medan NKRI saja cukup

    Suka

  42. AMX-13 tetap operasional tapi butuh pendamping tank yang lebih canggih katakanlah “adiknya” yang dijuluki si-Lecrec atau Leopard dan mungkin juga K-2 bikinan Korea selatan atau T-90 Rusia

    Suka

  43. kata siapa NKRI ga butuh tank berat ? kalo masalah berat sebnrnya ga usah ditakutin ,pkir aja deh truk kontener ,atw kereta batu bara yng beratnya diatas 200 ton ! toh masih bisa dan leluasa di road pulau jawa atau yang lain!? kalo masalah tank abram atw leopard yang bobotnya 60 ton kenapa jadi kontroversi .!? padahal itu tank bsa buat jadi ALAT PENGGENTAR buat negara yang lecehin NKRI..! emank dasar aja negara ini ga maw maju , dri cara beli alutsista aja banyak kontroversi ..yang ini lah , yng ga cocok lah ,, kalo emank niat maju , mustinya semngat n konsisten

    Suka

  44. buat pemerintah dan dephan harap merinci agy kebtuhan alutsista yang bener penting dan diharap jadi alat penggentar yang disegani,
    kalo saran saya buat alutsista kita ni sbb :
    – 2 squ SU -35 bm (32 unt
    – 2 squ su- 27/30 (32 unt
    – 3 squ K/IFX – F-33( 50 unt )
    – 3 squ F-16 blok 50 ( 48 unt
    – 18 kapal selam klas kilo
    – 18 PKR 105
    – 8 kapal LPD
    – 10 bateray sista arhanud s-300
    – 1 squ pembom (Tu-22 m bacfire C = 20 unt
    – 36 heli serbu mi-35p
    – 250 MBT klas LEopard
    – 150 MBT klas T-90 sm
    – 1200 rudal buatan pindad RX-400
    – 600 tank amfibi BMP family
    – 800 panser anoa kanon n APC buatan pindad

    dri sekian yang saya saranin , dijamin negara indonesia pasti jadi yang terkuat di belahan bumi selatan ,kya thun 1960 ..!?dn we harap pemerintah mwujudkan apa yng udah we list tadi , I hopeness for it ..!

    Suka

  45. knp sih kyk gni aja mesti dipermasalahin,kta tinggal ikutin aja apa kta pemerintah,jika udah kgk bener bru kita lemparin isi tank rumah kta ke dpn mentri pertahanaan! GTU AJA KOK REPOT

    Suka

  46. ya repotlah kalo cuma isi tank rumah murni.keruan diolah jadi senjata biologi dulu baru tuh kumpulin sanak keluarganya biar musnah smua.biar putus minimal 3 generasi jadi bersih otak generasi selanjutnya dr pikiran penakut dan mental korupsi

    Suka

  47. DEWAN PIMP.RANTING PARTAI AMANAT NASIONAL PONDOK KARYA PONDOK AREN TANGSEL BANTEN SETUJU SAJA TNI.AD DAPAT BELI MBT TANK LEOPARD2 A.6-NEDERLAND,AKAN TETAPI JIKA DIKAITKAN DENGAN HAM-KEAMANAN DALAM NEGERI INI DI DIKTE DAN DI-ANCAM DENGAN EMBARGO SUKUCADANG LEOPARD2 A.6…SBENTAR DULU,BANGSA KITA BANGSA PEJUANG-NKRI INI TERBENTUK KARNA DARAH PEJUANG KITA.KITA BUKAN BANGSA PENJAJAH!…ADA PT.91 POLAND,T.80U DAN T.90 RUSIA TANK OPLOT UKRAINA.JANGAN BELI MBT YANG MAU DI-ANCAM EMBARGO!.

    Suka

  48. Indonesîa tu negara yg besar.! bahkan ina tu dulu pernah dì takuti negara2 eropa.Tdk sepañtasx selefel ïndoñesia tu membelî tenk bekas atau peralatan tempur yang sudah di pake’negaralain. Seharusx indo tu membeli peralatan tempur yang baru dan canggih.agar negara2lain tdk selalu meremehkan negara kita ini

    Suka

  49. senjata milik indonesia sudah ketinggalan jaman semua.
    senjata bekas perang dunia 2 masih di pakai.
    kere

    Suka

  50. Ping-balik: AMX MK61 : Howitzer 105mm Self Propelled Armed TNI AD | IndoMiliter

  51. TNI AD adalah garda utama dan terakhir pertahananan NKRI..bravo TNI AD

    Suka

  52. jangan ramehkan tank jadul sama tank canggih,
    tank jaman world war 2 bisa hancurkan tank masa sekarang dengan hanya 1 kali tembak,
    tank masa sekarang standar meriamnya cuma 120MM,
    kalo tank dulu bisa di ubah-ubah ukuran meriamnya,

    tank AMX 13 bagus juga menurut saya, tank ringan dengan armor cukup, kecepatan memadai,
    klo bisa sich harus ada pendampingnya/ bapaknya, wkwk
    semacam tank Leopard, M1 Ab,

    Suka

  53. fallshirmjager

    gan kalo menurut saya pribadi indonesia butuh banget MBT agar mereka bisa buka jalan bagi infantri kita kita juga masih butuh AMX-13 untuk operasi anti geriliya sama pembuka jalan bagi MBT jadi menurut saya kedua dua nya masih di butuhkan

    Suka

  54. captain on the bridge!

    untuk apa? medan kita lembek banget.sy aja kalo ujan ke desa2 ban motor jd gendut bawa lumpur.infantri kita yg seharusnya di modernisasi dgn cyborg infantry system biar bisa ngembat mbt pake rudal jinjing saat tank musuh bingung nyari jalan.dulu tank nazi juga kebingungan kjebak lumpur di tanah rusia sehingga gampang di makan gerilya.

    Suka

    • fallschrimjager

      Gan Leopard 2 punya sistem yang secara fisika bisa jalan di jalan biasa dan juga bisa jalan di lumpur kalo indo di serang sama malon mereka mungkin ngeluarin PT-91 dan sementara kita cuma pake AMX-13 pasti kita di bantai dengan mudah makanya kita butuh Leopard untuk bisa mempertahankan NKRI dulu kitakan macan asia masa sekarang senjatanya bekas kita ini harus sadar kalo negara lain sedang gencarnya untuk bisa matahin semangat indonesia

      Suka

  55. wah klo tank AMX sih.. pantesnya di posisiin di TNI-AL ajah karena klo di tempatin di darat kayaknya rentan kena ranjau atau roket anti tank..?? :(

    Suka

  56. Untuk kedepan yg cocok secara teknis dan taktis adalah tank terbang, seperti misalnya jenis apache atau mi 17.

    Suka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s