KRI Cakra : “Siluman Bawah Laut” TNI-AL

KRI Cakra dalam sebuah defile

KRI Cakra dalam sebuah defile

Sampai periode awal tahun 90-an, TNI-AL masih cukup membanggakan bila dilihat dari arsenal tempurnya, salah satu indikatornya hingga masa itu hanya Indonesia satu-satunya negara di Asia Tenggara yang memiliki armada kapal selam. Dominasi armada kapal selam Indonesia di kawasan Asia Tenggara telah dimulai sejak era tahun 60-an, dimana saat itu TNI-AL mengoperasikan 12 unit kapal selam kelas Whiskey buatan Rusia.

Tapi lain dulu lain sekarang, dominasi Indonesia dalam armada kapal selam telah tumbang, pasalnya Singapura dan Malaysia kini sudah mempunyai armada kapal selam dalam jumlah yang jauh lebih banyak dari yang dimiliki TNI-AL. Singapura negeri super kecil ini justru telah punya 4 unit kapal selam kelas Sjoormen buatan Swedia, sedang Malaysia kini juga memiliki 2 unit kapal selam kelas Scorpene buatan Prancis.

KRI Cakra di Dermaga Ujung, Surabaya

KRI Cakra di Dermaga Ujung, Surabaya

Meski tak lagi jadi ”pemain” yang dominan di kawasan Asia Tenggara, kekuatan armada kapal selam TNI-AL masih cukup disegani, walau hanya memiliki 2 unit kapal selam saja. Tumpuan TNI-AL yakni kapal selam dari type 209/1300 yang dibuat oleh galangan kapal Howaldtswerke di Kiel, kawasan Jerman Barat. Type 209 TNI-AL mulai dipesan Indonesia pada tahun 1977, dan baru pada tahun 1981 mulai bertugas memperkuat armada TNI-AL dengan panggalannya di Lanal Dermaga Ujung, Surabaya.

Tahap pemasangan torpedo SUT

Tahap pemasangan torpedo SUT

Kedua kapal diberi nama KRI Cakra (401) dan KRI Nanggala (402). Angka 4 menunjukkan identifikasi divisi kapal selam. Sebelumnya di era tahun 60an, TNI-AL juga menggunakan kode yang sama untuk identifikasi 12 unit kapal selamnya. Untuk kemudahan identifikasi, kedua kapal disebut sebagai kapal selam kelas Cakra.

Kapal selam type 209 terbilang cukup laris di pasar internasional, salah satu prestasi kapal jenis ini mampu mengusik gugus tempur angkatan laut Inggris saat perang Malvinas di Atlantik Selatan. Setelah menembakan torpedo yang sayangnya tak meledak, type 209 Argentina berhasil lolos dari upaya sergapan setelah 60 hari kucing-kucingan, dan bisa kembali ke pangkalan dengan selamat.

Type 209 saat meluncur cepat ke permukaan

Type 209 saat meluncur cepat ke permukaan

KRI Cakra digerakan oleh motor listrik Siemens jenis low-speed yang disalurkan langsung (tanpa gear pengurang putaran) melalui sebuah shaft ke baling-baling kapal. Total daya yang dikirim adalah 5000 shp (shaft horse power), tenaga motor listrik datang dari baterai-baterai besar yang beratnya sekitar 25% dari berat kapal, baterai dibuat oleh Varta (low power) dan Hagen (Hi-power). Tenaga baterai diisi oleh generator yang diputar 4 buah mesin diesel MTU jenis supercharged.

KRI Cakra dan pasukan katak

KRI Cakra dan pasukan katak

Saat menyelam kapal selam menggunakan tenaga listrik, hal ini membuat pengoperasinnya bebas bising, senyap sehingga tak mudah terdeteksi sonar dari kapal musuh. Saat kapal berada di permukaan baru diaktifkan mesin disel, sekaligus tahap untuk proses re charging baterai.

Persenjataan KRI Cakra terdiri dari 14 buat torpedo SUT (surface and underwater torpedo) 21 inchi buatan AEG dalam delapan tabung. Torpedo jenis ini dapat dikendalikan secara remote. KRI Cakra dan Nanggla juga kerap digunakan untuk menunjang misi intelijen dan observasi. Dalam beberapa kesempatan, kapal selam ini juga digunakan sebagai wahana transportasi bagi pasukan katak. Seorang pasukan katak dapat dilontarkan dari lubang tabung torpedo, sangat pas untuk misi infiltrasi.

Type 209 tampak utuh di galangan

Type 209 tampak utuh di galangan

Bagian belakang Type 209

Bagian belakang Type 209

Keberadaan kapal selam tak bisa dilepaskan dari fungsi periskop, KRI Cakra mengandalkan periskop dengan lensa buatan carl zeiss. Sedang untuk snorkel dibuat oleh Maschinenbau Gabler, keduanya merupakan pabrikan asal Jerman. Secara teknis KRI Cakra memiliki berat selam 1,395 ton. Dengan dimensi 59,5 meter x 6,3 meter x 5,5 meter. Sanggup mendorong kapal hingga kecepatan 21,5 knot. Diawaki oleh 34 pelaut. Mampu menyelam hingga kedalam 500 meter. Sonar yang digunakan adalah jenis CSU-3-2 suite.

Struktur rangka KRI Cakra

Struktur rangka KRI Cakra

Karena hanya memiliki 2 unit kapal selam, pengoperasiannya dilakukan secara bergantian. Jumlah 2 unit tentu jauh dari ideal untuk mengamankan wilayah laut Indonesia. Secara hitung-hitungan, paling tidak Indonesia butuh 12 unit kapal selam. Indonesia sebelumnya pernah berencana untuk membeli type 209 kelas Chang Bo Go buatan Daewoo, produk lisensi dari Korea Selatan. Kabarnya juga pernah tertarik untuk membeli kapal selam Rusia kelas Kilo. Tapi semua hanya sebatas rencana hingga kini, realisasinya masih terganjal anggaran. (Haryo Adjie Nogo Seno)

Spesifikasi Teknis Kapal Selam Type 209

1100 1200 1300 1400 1500
Displacement (submerged) 1,207 t 1,285 t 1,390 t 1,586 t 1,810 t
Dimensions 54.1×6.2×5.9 m 55.9×6.3×5.5 m 59.5×6.2×5.5 m 61.2×6.25×5.5 m 64.4×6.5×6.2 m
Propulsion Diesel-electric, 4 diesels, 1 shaft
5000 shp 6,100 shp (4,500 kW)
Speed (surface) 11 knots (20 km/h) 11.5 knots
Speed (submerged) 21.5 knots 22 knots 22.5 knots
Range (surface) 11,000 nmi (20,000 km) at 10 knots (20 km/h)
Range (snorkel) 8,000 nmi (15,000 km) at 10 knots (20 km/h)
Range (submerged) 400 nmi (700 km) at 4 knots (7 km/h)
Endurance 50 days
Maximum depth 500 m
Armament 8x 553 mm torpedo tubes

Crew 31 33 30 36
About these ads

35 responses to “KRI Cakra : “Siluman Bawah Laut” TNI-AL

  1. Kapal selam ini adalah salah satu kebanggaan kita dari sekian banyak alutsista milik RI… meski hanya 2 minimal bisa menjadikan momok bila dipasang dalam perairan dalam.

  2. perkuat perkut kri indonesia jangan sampai tenggelam belum perang

  3. Damaz dan Ramonza

    wahhhh……

    ramutu….
    kapal selame mung duwe loro….
    wahh wahh, , ,

    neng rapopo, aku tetep bangga karo Indonesiaku tercinta………….

    MERDEKA !!!!!!!!!!!!!!!

  4. Kapan nih Indonesia Punya Submarine Sekelas Dengang USS Montana Dan Akula

    • kalau untuk kapal selam bertonase besar jelas Indonesia tak akan membeli, selain harganya mahal juga tak sesuai dengan kedalaman perairan kita.
      Tunggu saja di 2011 Insya Allah TNI-AL akan kedatangan 2 kapal selam kelas Kilo dr Rusia.

  5. Kenapa koq cm beli 2 ya?sharusny kan beli lbh bnyk drpd malaysia yg br beli 2 scorpene..
    Apa kapal selam kelas kilo lbh unggul dibanding scorpene malaysia?

    • cuma beli dua karena anggaran pertahana kita terbatas, secara teknologi Scorpene lebih canggih dari kelas Kilo, tapi Kilo punya keunggulan lain, seperti endurance berlayar yang lebih lama

  6. Pada masa pembebasan Irian Barat,kita punya 12 kapal selam kelas whiskey.. sekarang koq cuma tinggal dua ya? (KRI cakra & KRI nenggala).

    kemana yang 10 unit lagi ??..

  7. marxissukarnois

    re:@Oke yang 10 jadi BESI TUA karena kagak ada suku cadang yah gara2 cang ‘ATO ganti aliran jadi pro KAPITALIS IMPERIALIS..hehhehe…jadi pengen ngakak deh kalo inget jaman HARTO doski jor2an untuk mempermodern AD (khususnye RPKAD+KOSTRAD) tapi hasilnye??? perang ama GAM,FRETILIN dan OPM kagak pernah beres2 yang ade bates laut ama udara kita di trabas terus diem2 itu tuh ame tetangga ‘serumpun’…

  8. ayooo tambah lagi kapal selam yg lebih baru dan cangihhh,,,,,,,

  9. Denger2 indonesia memesan 4 kapal selam korea selatan!

    Apa udah terealisasi?
    jenisnya apa?

    • Asia Pasifik Sangat Memerlukan Kapal Selam yang tahan dari ledakan Sabuk Gempa Asia

      Seperti yang Kita tahu sampai saat ini nasib bangsa Asia Pasifik sangat memprihatinkan dan sangat dipenuhi oleh banyak bencana Gunung Berapi, Tsunami, banjir dan semua anomali berbahaya lainnya, yang tidak pernah berhenti sampai hari ini

      Harapan untuk pergi ke ruang angkasa adalah sesuatu yang sangat mahal dan menjadi penjajahan terselubung yang tidak baik, semua itu hanya akan menjadi umpan pertengkaran Politik dan Pemicu perang bintang

      Selain itu di ruang angkasa tidak ada kehidupan yang layak, Anda tidak akan menjadi orang baik yang rendah hati karenanya sebaliknya hanya akan bertambah sombong serakah bodoh dan penuh dengan dendam kesumat.

      Dunia di bumi ini tidak akan kiamat meski sampai bermilyard tahun lagi, tapi bencana letusan berantai pada Sabuk Api/Gempa Asia Pasifik memang terus mengancam, jauh lebih besar dari sekedar teror kiamat yang masih sangat jauh tersebut.

      Yang paling Kami butuhkan di Asia Pasifik adalah sebuah Kapal Selam yang tahan terhadap bencana Tsunami setelah super vulkano sabuk api asia mulai erupsi secara berkala dan serempak.

      Asia Pasifik tidak ingin dibohongi selamanya, Mereka harus diselamatkan oleh sesuatu yang canggih dan tepat guna dan bisa mereka beli dengan murah, bukan dengan mimpi ke ruang angkasa yang terlalu mahal itu.

      Pihak Penguasa dunia seperti UN, PBB dan WHO mestinya lebih sadar akan daya beli Asia ini, dan percayalah padaku bahwa dunia ini tidak akan kiamat hingga berjuta milyar tahun abad sekalipun

      Yang hanya akan terjadi adalah ledakan beruntun pada Sabuk Gempa Asia Pasifik, dan jika itupun mulai terjadi seperti hari ini maka yang paling kita butuhkan hanyalah pembuatan kapal selam yang tahan terhadap pengaruh Tsunami yang dihasilkan oleh serial super vulkano yang mulai terjadi di Asia Pasifik ini yang murah untuk dibeli sekalipun dalam jumlah besar.

      Karenanya mari kita upayakan/usahakan hal ini pada seluruh pihak penguasa dunia siapapun mereka sekarang

      Maka cobalah dukung saya menyuarakan hal ini pada PBB, UN, maupun seluruh negara berkuasa besar lainnya karena kepada merekalah akhirnya kita harus membeli Kapal selam penyelamat seluruh penduduk Asia Tersebut

  10. TNI harus bersabar nanti klo pemerentahnya masih ngasih makan DPR-RI + MASYARAKAT tertentu yg bisanya cuma ngabisi DUIT NEGARA DAN GA BISA “KERJA”, berarti TNI sudah waktunya MENGARAHKAN SENJATA KE “KAUM TERSEBUT” itu baru SOLUSI !!!!!!!

  11. semoga di tahun mendatang kekuatan AL kita akan bertambah. Jalesveva Jayamahe!!

  12. ayo indonesia ak kan trus mendukung mu….
    tunjukkan pada kekuatan kita pada dunia…
    ap tidak prihatin dan takut dengan kondisi keamanan RI….
    ayo semangat putar uang INDONESIA !!!!!!!!!!!!

    GBU~

  13. doby pebiando

    Kepada TNI AL ,saya ada usul bagaimana kalau di bentuk unit penyelam penjinak bom atau ranjau bawah laut di bawah pasukan katak.

  14. bangun TNI AL yang besar, kuat dan profesional..Jalasveva jayamahe…

  15. pemerintah jangan ragu anggarkan dana untuk pertahanan NKRI daripada dibawa lari koruptor

  16. Indonesia hrs punya armada kapal selam yg mumpuni selain torpedo jg hrs dipersenjatai dg rudal balistik minimal dg jarak 300 KM, selain utk pertahanan jg menjauhkan zona perang dr NKRI. PT PAL jg hrs dilibatkan dlm pembuatan kapal selam dan LAPAN yang menyediakan rudal balistiknya. Bravo TNIAL

    • soekarnoismLEFT

      tenang gan LAPAN lagi riset dan uji coba roket RX tuh …ini bisa dijadiin IRBM (Intermediate Range Balistik Missile) di masa depan…taro di garis pantai selat malaka,perbatasan kalimantan dan ke arah ostrali..mayan bisa bikin “tetangga” meriang

  17. Asia Pasifik Sangat Memerlukan Kapal Selam yang tahan dari ledakan Sabuk Gempa Asia

    Seperti yang Kita tahu sampai saat ini nasib bangsa Asia Pasifik sangat memprihatinkan dan sangat dipenuhi oleh banyak bencana Gunung Berapi, Tsunami, banjir dan semua anomali berbahaya lainnya, yang tidak pernah berhenti sampai hari ini

    Harapan untuk pergi ke ruang angkasa adalah sesuatu yang sangat mahal dan menjadi penjajahan terselubung yang tidak baik, semua itu hanya akan menjadi umpan pertengkaran Politik dan Pemicu perang bintang

    Selain itu di ruang angkasa tidak ada kehidupan yang layak, Anda tidak akan menjadi orang baik yang rendah hati karenanya sebaliknya hanya akan bertambah sombong serakah bodoh dan penuh dengan dendam kesumat.

    Dunia di bumi ini tidak akan kiamat meski sampai bermilyard tahun lagi, tapi bencana letusan berantai pada Sabuk Api/Gempa Asia Pasifik memang terus mengancam, jauh lebih besar dari sekedar teror kiamat yang masih sangat jauh tersebut.

    Yang paling Kami butuhkan di Asia Pasifik adalah sebuah Kapal Selam yang tahan terhadap bencana Tsunami setelah super vulkano sabuk api asia mulai erupsi secara berkala dan serempak.

    Asia Pasifik tidak ingin dibohongi selamanya, Mereka harus diselamatkan oleh sesuatu yang canggih dan tepat guna dan bisa mereka beli dengan murah, bukan dengan mimpi ke ruang angkasa yang terlalu mahal itu.

    Pihak Penguasa dunia seperti UN, PBB dan WHO mestinya lebih sadar akan daya beli Asia ini, dan percayalah padaku bahwa dunia ini tidak akan kiamat hingga berjuta milyar tahun abad sekalipun

    Yang hanya akan terjadi adalah ledakan beruntun pada Sabuk Gempa Asia Pasifik, dan jika itupun mulai terjadi seperti hari ini maka yang paling kita butuhkan hanyalah pembuatan kapal selam yang tahan terhadap pengaruh Tsunami yang dihasilkan oleh serial super vulkano yang mulai terjadi di Asia Pasifik ini yang murah untuk dibeli sekalipun dalam jumlah besar.

    Karenanya mari kita upayakan/usahakan hal ini pada seluruh pihak penguasa dunia siapapun mereka sekarang

    Maka cobalah dukung saya menyuarakan hal ini pada PBB, UN, maupun seluruh negara berkuasa besar lainnya karena kepada merekalah akhirnya kita harus membeli Kapal selam penyelamat seluruh penduduk Asia Tersebut terutama di Indonesia saat ini

  18. soekarnoismLEFT

    mmmm….yang tempo hari “operasi plastik” di kroya udah balik belon yah ? pas balik moga2x bawa “adik2x nye” berita KS emang bikin panas dingin malah ada berita dari russia bilang kita mesen 2 KILO+2 AMUR ?

  19. aku bangga kalau kebutuhan Sistim senjata utama TNI dapat diproduksi dalam negeri agar kita tidak didikte oleh negara negara produsen dengan alasan yg tidak mmsuk akal

  20. ayoo, rakyat indonesia kita bantu TNI AL dgn cara penggalangan dana untuk beli kapal selam baru……………….! SUPAYA MALINGSIA KAGAK SONGONG dan BELAGU AME NEGARE KITE. by ANDRE SINAGA ( BATAK PECINTA NKRI )

  21. sejatinya KS Cakra 401 adalah kapal selam yang kemampuannya jauh diatas KS Kelas U209 pada umumnya karena … didalamnya diisi oleh orang orang yang sakti dan penuh perhitungan … setidaknya ada 34 orang sakti didalamnya yang mengoperasikan kapal selam ini , kao gak percaya boleh lihat perwra ,bintara dan tamtama yang mengoperasikan ,, ada yang bintara kurus ceking … tapi begitu bicara dan berbuat nampak ksatria dan bukan orang sembarangan … kalau tetangga ….serumpun cari dua orang seperti itu aja payah apalagi puuhan orang , yang ada paling hanya tentara manja … gak berani perang … makanya KS mereka yang berpangkalan di sepanggar … sealu aja ada masalah dengan peralatan … bahkan pernah KS itu gak dapat nyelam sama sekali …. bukan karena rusak tapi karena abk nya takut nelam sendirian dikarenakan … gak ada orang perancis yang mendampingi …so tetap bangga lah dengan armada Ks kita yan hanya kapal selam butut tapi kemampuannya berliat 2 dibandingkan yang kelas Kilo-Lada -Amur ato scorpene sekaipun….. jayalah indonesiaku… ayo TNI …tetap semangat

  22. opini yg bagus mas.tp kita tetap butuh peremajaan KS apapun merknya.kita hrs punya banyak krn KS lebih efektif dr kapal permukaan manapun!

  23. 6/2/2012, naggala nyampe indonesia

    berarti, dah sehari nih di indo

    WELLCOME BACK SON!!!

  24. terorisKAMPRET

    congrats for having major “make over” to nanggala 402! duty calls bro…..

  25. kalau kata putra sang fajar:berikan aku 10 pemuda indonesia dan akan ku goncangkan dunia! kalau kata sy: berikan aku 10 KS dan akan aku buat meriang jiran2 asu! ibu pertiwi memanggil kawan2!

  26. Mungkin sdh ada yg tahu, bahwa sebenarnya TNI -AL disamping sdh meresmikan Kapal Selam type 206 3(tiga) unit dari arsenal AL Jerman tapi batal krn nggak sanggup ngebayar, TNI – AL juga pernah di tawarin Kapal Selam type 209 sekelas dg “Cakra” dan ” Nanggala” dari GAL AL Israel, bahkan pernah pula ditawarin KS kelas Kilo dari China dg sistim tukar guling dg 2 KS kelas Wiskey. Sudah presentasi dan inspeksi di tempat, tapi gagal.
    Kita berharap, di tahun 2014-2015 nanti KS Kilo benar2 hadir di Nusantara. Semoga!!!

  27. INDONESIA JAYA

    Min,
    sbnrny kita punya kilo nggak?
    Katanya kontraknya tak dibatalkan

  28. Bisa minta tolong ada referansi terkait perawatan KRI Cakra dan Nanggala oleh PT. PAL di era 90an? Saya minta data teknisnya, boleh dikirim via email di tjipto.lombok@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s